OLAHRAGA

Van Gaal Bawa Harapan Baru, MU Raih Trofi Pertama

[-“w1P4YqrO26LRqP3moUzT6uUHdjQJzupp”]HARIANACEH.co.id — Manajer baru Manchester United Louis van Gaal, menunjukkan kelasnya sebagai pelatih kaliber dunia. Membawa MU ke puncak International Champions Cup di Amerika Serikat, van Gaal membawa harapan baru bagi klub dan fans Setan Merah untuk kembali berjaya di Liga Premier Inggris musim 2014/15.

Usai menukangi tim nasional Belanda di Piala Dunia 2014, van Gaal telah memimpin Rooney cs di lima laga uji coba pra-musim. Klub papan atas MLS, LA Galaxy, menjadi korban pertama United.

Mengusung formasi 3-5-2, MU sukses mempermalukan LA Galaxy dengan tujuh gol tanpa balas. Tujuh gol MU di laga tersebut di cetak Wayne Rooney, Ashley Young, dan pemain muda MU Reece James.

Permainan menyerang dengan menekankan peran winger di kedua sisi dan duet dua striker di lini depan membuat permainan MU semakin tidak terbantahkan. Melakoni empat pertandingan di ajang uji coba musim panas dalam turnamen International Champions Cup, MU kian digdaya.

Tergabung di Grup A, Setan Merah menekuk semua pesaingnya. AS Roma adalah klub pertama dalam turnamen itu yang harus mengakui ketangguhan formasi 3-5-2 ala van Gaal setelah kalah tipis 3-2.

Belajar dari pengalaman AS Roma, Inter Milan berhasil menahan gempuran Rooney cs di sepanjang waktu normal yang berakhir tanpa gol. Namun tetap harus mengakui keunggulan MU setelah kalah 5-3 dalam drama adu penalti.

Setelah AS Roma dan Inter Milan, giliran jawara Liga Champions musim lalu, Real Madrid, yang menjadi korban keganasan MU. Menampilkan permainan menyerang, Madrid gagal mengatasi efektivitas formasi 3-5-2 van Gaal yang semakin sempurna dan harus tunduk dengan skor 3-1.

Setelah raksasa La Liga, giliran Liverpool yang kandas di tangan MU. Rivalitas kedua kubu di Liga Premier menjadikan pertandingan tersebut sarat gengsi.

Menurunkan pemain terbaiknya, Liverpool yang unggul lebih dulu di babak pertama harus mengakui perubahan MU di tangan van Gaal setelah dipaksa menyerah 3-1. Kemenangan tersebut sekaligus mematahkan dominasi Liverpool atas MU. Sebelumnya di dua laga Liga Premier musim lalu, Liverpool mengalahkan MU 1-0 di Anfield dan mempermalukan Setan Merah di Old Trafford dengan tiga gol tanpa balas.

Merujuk kemenangan MU di lima pertandingan tersebut, benarkah MU telah siap untuk bersaing di Liga Premier musim 2014/15? Dan akankah formasi 3-5-2 van Gaal mampu mengembalikan kejayaan Manchester United di daratan Britania Raya?

TERPOPULER

To Top