OLAHRAGA

Kira-Kira Van Gaal Akan Pilih Siapa Untuk Pegang Posisi Kapten di MU?

HARIANACEH.co.id — Meski Liga Premier musim 2014/15 belum bergulir, Manchester United yang musim lalu terpuruk mulai kembali menunjukkan taringnya. Di bawah kepemimpinan manajer Louis van Gaal, MU melibas sejumlah tim kuat Eropa di laga pra-musim, termasuk Liverpool dan jawara Liga Champions musim lalu Real Madrid.

[-“gEpuY6WxgiMiHwMitNE8rRkIqAy9YCGx”]Meraih hasil memuaskan di lima laga pra-musim, bukan berarti pembenahan yang dilakukan van Gaal telah usai. Selain menyempurnakan formasi 3-5-2 yang diusungnya, van Gaal juga masih memiliki pekerjaan rumah lain yakni memilih kapten bagi Setan Merah.

Saat masih ditukangi David Moyes, sejumlah nama telah diisukan akan mengemban tugas tersebut sejak kapten sebelumnya, Nemanja Vidic, memilih hengkang dari Old Trafford sebelum musim 2013/14 berakhir. Namun saat ini nama-nama tersebut telah mengerucut.

Saat ini hanya ada dua kandidat kuat yang dinilai  pantas mengenakan ban kapten di bawah kepemimpinan van Gaal. Kedua kandidat tersebut adalah Wayne Rooney dan Robin van Persie.

Sebelum kedatangan van Gaal, Rooney sudah beberapa kali mengenakan ban kapten di lengannya. Dan di bawah kepemimpinan van Gaal, Rooney juga telah membuktikan diri mampu memimpin rekan-rekannya dalam sebuah pertandingan.

Di partai final International Champions Cup, bukti nyata diberikan Rooney. Memimpin rekan-rekannya di Sun Life Stadium, Miami, Amerika Serikat, pemain 28 tahun berhasil mempersembahkan trofi pertama bagi van Gaal. Dalam turnamen tersebut, Rooney juga terpilih sebagai the most valuable player usai membukukan lima gol.

Namun, kesuksesan Rooney di turnamen musim panas tersebut belum bisa dijadikan jaminan. Pasalnya, sejak lama van Gaal mempercayakan ban kapten kepada anak asuhnya di tim nasional Belanda, Robin van Persie.

Sejak van Gaal menukangi timnas hingga akhir Piala Dunia 2014 lalu, sebagai kepanjangan tangan van Gaal di lapangan, van Persie mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Di Brasil, Belanda meraih posisi ketiga setelah mempermalukan Brasil dengan tiga gol tanpa balas.

Di laga uji coba pra-musim, van Gaal tidak menyertakan van Persie. Tapi bukan berarti peluang eks punggawa Arsenal mendapatkan ban kapten di Old Trafford tertutup. Jadi, siapa yang akan dipilih van Gaal sebagai jenderal lapangan?

TERPOPULER

Keatas