HARIANACEH.co.id — Kepala Riset Universal Broker, Satrio Utomo menilai, ada dua menteri ekonomi di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II yang layak dipertahankan oleh pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

[-“bVuXnpIOlUCZX00GbnaMl2FijqQKIal0”]Dua menteri ekonomi itu adalah Dahlan Iskan (Menteri BUMN) dan Chairul Tanjung (Menko Perekonomian). Satrio mengatakan, Dahlan merupakan figur yang bisa memotivasi bawahan.

Seorang menteri, kata dia tidak hanya cakap dalam memerintah tetapi juga harus bisa memberikan motivasi. Hal itulah yang bisa dilakukan Dahlan Iskan selama menjabat sebagai Menteri BUMN.

“Kalau menteri yang hanya bisa memerintah itu biasanya cenderung melakukan korupsi. Revolusi mental ala Jokowi-JK itu perlu orang-orang yang bisa memberikan motivasi dan mengubah kinerja anak buahnya menjadi lebih baik. Dahlan bisa melakukan itu,” kata Satrio ketika dihubungi melalui sambungan telepon seperti dilansir laman suara, Rabu (6/8/2014).

Baca Juga:  Geuchik se Kecamatan Langsa Baru Study Banding ke Buninagara Kabupaten Bandung

Satrio memberi contoh, kinerja PT Kereta Api Indonesia yang semakin membaik sejak dipimpin Ignatius Jonan merupakan salah satu keberhasilan Dahlan Iskan dalam memotivasi anak buahnya.

Sementara itu, Chairul Tanjung yang belum lama menjabat sebagai Menko Perekonomian juga mempunyai prestasi bagus saat menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil selama bulan puasa dan Lebaran.

“Dia kan tahu jalur distribusi sehingga bisa menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil. Chairul Tanjung juga layak tetap menjadi Menko Perekonomian,” ujarnya.
Satrio yakin, Jokowi-JK akan memilih kandidat terbaik untuk menjadi menteri ekonomi di kabinet yang akan datang.