[-“RAQBBkXC2K1Ft97iq92TTCTjY3hHslGV”]HARIANACEH.co.id — Hati-hati bagi Anda yang sering tidur di malam hari dalam keadaan lampu menyala.

Sebuah studi terkini menunjukkan bahwa tidur di malam hari dengan lampu menyala tidak hanya dapat menambah konsumsi energi Anda, tetapi juga membangunkan sel kanker payudara.

Temuan menunjukkan, paparan cahaya di malam hari, menutup produksi hormon melatonin saat malam hari, membuat kanker payudara benar-benar tahan terhadap tamoxifen, obat kanker payudara yang banyak digunakan.

“Tingkat melatonin tinggi di malam hari menempatkan sel-sel kanker payudara untuk ‘tidur’ dengan mematikan mekanisme pertumbuhan utama. Sel-sel ini rentan terhadap tamoxifen. Tapi ketika lampu menyala dan melatonin ditekan, sel-sel kanker payudara ‘bangun’ dan mengabaikan tamoxifen,” jelas David blask dari Universitas Tulane di Amerika Serikat (AS), seperti dilansir dari Times of India.

Para peneliti menyelidiki peran melatonin pada efektivitas tamoxifen dalam memerangi sel kanker payudara manusia ditanamkan pada tikus.

Baca Juga:  9 Topik Ini Wajib Dibicarakan, Jika Ingin Awet dengan Pasangan

Melatonin dengan sendirinya menunda pembentukan tumor dan secara signifikan memperlambat pertumbuhannya. Namun tamoxifen menyebabkan regresi dramatis tumor pada hewan dengan tingkat tinggi melatonin di malam hari selama ruangan dalam keadaan redup atau gelap gulita.

Temuan ini memiliki implikasi berpotensi besar untuk perempuan yang diobati dengan tamoxifen dan juga secara teratur terkena cahaya di malam hari karena masalah tidur, bekerja shift malam atau terkena cahaya dari komputer dan layar TV. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Cancer Research.