HARIANACEH.co.id — Berikut 5 arsitektur yang terkenal di Dunia, salah satunya orang indonesia lho, mau tahu ??

 

1. SANTIAGO CALATRAVA

Santiago Calatrava

Santiago Calatrava adalah arsitek terkenal di dunia, insinyur dan pematung. Sudah terkenal di Eropa dengan estetika desainnya yang unik, Calatrava mulai membuat namanya menjadi terkenal ketika di Amerika Serikat.

Dimulai dengan Milwaukee Art Museum, dia telah merancang sejumlah bangunan publik dan jembatan di AS dalam beberapa tahun terakhir. Karena mempunyai latar belakang sbg Engineer dan Arsitek, karya-karyanya banyak mengambil ide dari bahan-bahan seperti beton, kaca dan baja dengan desain yg sangat tidak biasa

Beberapa Karya:

Palacio de las Artes Reina Sofia, Valencia

2. ZAHA HADID

Zaha Hadid adalah arsitek wanita kelahiran Iraq. Karya Zaha Hadid digambarkan sebagai supremasi ultra modern dan utopis. Dia banyak dipengaruhi oleh pra-Stalin konstruktivisme Soviet. Dia memperoleh ketenaran internasional pada desainnya untuk The country club Peak di Hong Kong pada tahun 1983.

Pernah dikenal sebagai seorang arsitek yang karyanya sering terlalu ambisius untuk dibangun, namun dia sekarang banyak dicari untuk mendesain karya2 besar lainnya. Karyanya yg telah terbangun antara lain : Lois Rosentha l Centre for Contemporary Art di Cincinnati, Ohio, pabrik BMW di Leipzig, Jerman, dan Pusat Nasional untuk Contemporary Arts di Roma.

Baca Juga:  Berapa Sih Sumbangan Bill Gates Setelah Disebut Paling Dermawan?

Beberapa Karya:

Contemporary Arts @ Roma

3. KENZO TANGE

Kenzo Tange lahir di kota kecil Imabari, Jepang Selatan, pada tanggal 4 September 1913. Pada tahun 1935 dia memulai belajar dalam bidang arsitektur di “Department of Architecture at The University of Tokyo”. Dia mulai mengambil perhatian publik, hasil studinya mendapat penghargaan dari “Tatsuno Prize”. Setelah Perang Dunia II, Tange memenangkan sayembara untuk mengabadikan momen pengeboman kota Hiroshima, “a piece center in Hiroshima”.

Setelah memenangkan sayembara itu, Tange membuka kantor konsultan pribadinya. ada awal kariernya, Tange memiliki konsep tersendiri dalam menghasilkan suatu karya yaitu suatu penggabungan gaya modern dengan bentukan asitektur tradisional Jepang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, pada akhir ’60-an beliau menolak konsep regionalisme dan berubah ke International style.

Beberapa Karya:

Kenzo Tange’s National Olympics Gymnasium

4. FRANK OWEN GEHRY

Frank Gehry lahir 28 Februari 1929 di Toronto, Ontario, Kanada. Lalu Dia pindah ke California pada tahun 1947. Ia bekerja untuk Wdton Becket & Associates (1957-1968) dan Victor Gruen (1968-1961) di Los Angeles, serta untuk Andre Remondet di Paris (1961).

Kemudian Dia menciptakan perusahaannya sendiri yang bernama Frank O. Gehry and Associates pada tahun 1967. Dia Memenangkan Penghargaan Pritzker tahun 1989. Dan proyeknya yang paling terkenal adalah titanium tertutup Guggenheim Museum di Bilbao, Spanyol yang kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1997

Baca Juga:  "From Hero to Zero", Para Diktator yang Dilengserkan oleh Rakyatnya

Beberapa karya:

Salah satu karya Frank Gehry yang dianggap karya terbesar, Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol. Adalah massa kurva acak terbuat dari titanium, yang menyerupai sisik ikan. Gehry mengatakan “keacakan dari kurva dirancang untuk menangkap” cahaya, dan yang mereka lakukan, dengan kilau cemerlang yang mencerminkan air yang berkilauan Sungai Nervion.

5. Ir. SOEKARNO

Soekarno tercatat sebagai mahsiswa angkatan pertama yang bersekolah di ITB (dahulu bernama Technische Hooge School). Ini dia satu-satunya presiden di Indonesia yang pernah merancang bangunan tempat tinggal. Soekarno merupakan murid dari seorang arsitek belanda sekaligus guru besar Sekolah Teknik, Wolff Schoemaker.

Sama halnya dengan sang Guru yang memiliki ciri khas di setiap bangunan yang dirancangnya, Soekarno juga mempunyai ciri khas sendiri. Selain atap yang bersusun dua, di puncak atap bangunan rancangan Soekarno selalu terdapat ornamen yang bentuknya menyerupai Gada.

Soekarno adalah pengagum wayang dan salah satu tokoh favoritnya adalah Bima. Dalam legendanya, senjata yang selalu digunakan Bima adalah Gada. Begitulah salah satu versi yang mengatakan mengapa Soekarno selalu menempatkan Gada di setiap bangunannya.

Beberapa karya:

Gedung paviliun utara Hotel Preanger Aerowisata di Jl. Asia Afrika, dibangun tahun 1929.