HARIANACEH.co.id — Kulit keriput muncul karena berbagai alasan. Bisa karena proses penuaan, kebiasaan posisi tidur yang tidak tepat, kehilangan massa tubuh untuk sementara sebagai hasil dari perendaman dalam air yang berkepanjangan.

[-“GvQ8GZeebLLxlbYBKDYsxkLAydxMiht0”]Bila Anda mengalami hal ini, tak perlu terlalu khawatir karena ada beberapa cara untuk mencegah keriput. Apa saja? Yuk, kita simak tips berikut ini:

  1. Berhenti Merokok
    Merokok tidak baik untuk kulit. Ini membuat Anda terlihat lebih tua, membuat kulit Anda kering dan pucat. Tak hanya itu, merokok juga memberi efek bintik-bintik penuaan dan keriput pada wajah Anda, terutama di sekitar mata dan bibir. Ini terjadi karena kulit kekurangan oksigen dan nutrisi akibat rokok sehingga kulit mengalami kerusakan.

  2. Minum Air
    Minum banyak air sangat baik karena melembabkan kulit Anda. Hal ini juga membantu untuk membuang racun dari tubuh Anda. Kulit tampak sehat dan berseri-seri ketika terhidrasi dengan baik.

  3. Tidur Berkualitas
    Saat tidur, tubuh kita memproduksi hormon pertumbuhan manusia, yang menginduksi pertumbuhan dan reproduksi sel. Ketika kita tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, tubuh kita memproduksi kortisol yaitu hormon stres. Kortisol bila diproduksi dalam jumlah banyak akan memperlambat pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sehingga menyebabkan kulit kering.

  4. Gunakan Sunscreen
    Racun dan radikal bebas merupakan sumber besar yang menjadi penyebab munculnya keriput. Jadi, kita harus menggunakan tabir surya untuk mencegah keriput dini.

  5. Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan
    Antioksidan seperti vitamin A, C, & E, dan beta karoten mampu melawan radikal bebas seperti polusi dan racun, yang menjadi penyebab kerusakan kulit. Jadi, bila Anda ingin memiliki kulit sehat dan awet muda, perbanyaklah mengonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti jeruk, blueberry, bayam, kangkung, kenari, cranberry, buah serta sayuran lainnya.

Baca Juga:  Wajarkah Jika Masih Muda Sudah Ubanan?