GAYA HIDUP

“Spiderman Prancis” yang Tak Bisa Luruskan Jarinya, Alain Robert

HARIANACEH.co.id — Hari ini, 52 tahun yang lalu, Alain Robert dilahirkan di Bourgogne, Prancis. Alain adalah pemanjat gedung pencakar langit yang dikenal dengan julukan “Spiderman Prancis”.

Menantang maut, itulah kegemarannya. Julukan Spiderman Prancis pun melekat padanya lantaran hobinya yang memang suka memanjat, bak tokoh manusia laba-laba di komik Marvel, Spiderman.

Ada satu hal mendasar yang membedakan Alain dengan pemanjat lainnya. Alain tak menggunakan alat bantu apapun untuk memanjat, kecuali sebuah tas kecil berisi kapur dan sepasang sepatu panjat tebing.

Sudah ada ratusan gedung dan menara yang ia taklukkan. Sebagian besar adalah gedung-gedung tinggi yang populer di berbagai negara di seluruh dunia. Sebut saja Menara Eiffel di Paris, Gedung Opera Sidney, hingga gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Gedung setinggi 828 meter yang berdiri di Dubai, Uni Emirat Arab itu, ditaklukkannya hanya dalam waktu enam jam pada 28 Maret 2011.

Pada tanggal 12 April 2012, Alain mencatatkan namanya dalam Guinness World Record usai memanjat Aspire Tower di Doha, Qatar, dengan waktu tercepat, yakni 1 jam, 33 menit, dan 47 detik.

Namun, jangan sangka aksinya dapat dilakukan dengan mulus tanpa hambatan. Alain kerap harus berurusan dengan pihak berwajib lantaran aksi nekatnya dianggap membahayakan diri. Kerapkali, Alain tidak mendapat izin untuk melakukan aksinya. Namun, bukan Alain namanya jika tidak menyelinap diam-diam dan nekat memanjat meski sudah dilarang. Akibatnya, lelaki berambut gondrong itu kerap ditangkap di berbagai negara.

Alain piawai sekali memanfaatkan celah-celah yang ada di tembok dan jendela gedung untuk memanjat. Karenanya, jari-jarinya sudah terlatih sendiri oleh kebiasaanya itu. Maka, tak heran jika, konon, ia tidak bisa meluruskan jari-jarinya.

TERPOPULER

Keatas