EKONOMI

Tanpa Harus Merasa “Ketakutan”, Ini Cara Pensiun Dini

HARIANACEH.co.id — Bagi sebagian orang, pensiun dini menjadi momok yang menakutkan. Ada banyak hal yang melintas di pikiran sebelum seseorang memutuskan untuk pensiun lebih awal. Antara lain, berapa banyak uang yang diperlukan untuk tetap bisa hidup setelah tidak lagi bekerja.

[-“auPo2qQTqItTHEUxL8iuJWyiXtU57c0u”]Ini tentu bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Pada dasarnya, pensiun dini adalah mengkalkulasikan tahun ke depan dalam sebuah rumus. Di Amerika, seseorang yang memutuskan pensiun di usia 30 tahun diperkirakan harus menabung 400 ribu dolar Amerika dalam menpersiapkan pensiun dini.

Apabila anda sudah mengetahui berapa jumlah uang yang diperlukan untuk pensiun dini, maka tinggal dua langkah lagi yang harus dilakukan yaitu mulai menabung dan berhenti mengeluarkan uang secara berlebihan. Karena, hidup bukan hanya untuk memenuhi keinginan anda.

“Saya dan istri mempunyai tujuan yang sama ketika pensiun dini yaitu memiliki uang yang cukup agar bisa tetap melanjutkan gaya hidup kami setelah tidak lagi bekerja,” kata Darrel Fagala, mantan karyawan ExxonMobil Chemical yang pensiun di usia 58 tahun.

Namun, mulai menabung dan berhenti membelanjakan uang tidak semudah yang diperkirakan bagi anda yang ingin pensiun dini. Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan.

1. Mencari perusaahaan dengan keuntungan lebih

Hal terpenting kedua setelah menabung adalah bekerja di perusahaan yang mempunyai program bagus untuk pensiun dini.

2. Menjadi investor yang bijaksana

Ada sejumlah orang yang memutuskan untuk pensiun dini karena sudah bergelimang uang dari investasi yang dilakukannya. Namun, anda sebagian besar karyawan yang ingin pensiun dini hanya perlu melakukan investasi yang bijaksana dan memilih yang seimbang antara risiko dan imbalan yang didapat.

3. Diversifikasi rekening anda

Investasi dengan bijaksana artinya anda tidak harus terlalu agresif untuk menambah rekening tabungan anda. Yang tidak kalah penting adalah jangan menempatkan semua uang anda dalam satu rekening.

4. Siapkan biaya kesehatan

Apabila anda ingin pensiun dini, maka yang tidak kalah penting adalah untuk menyiapkan dana kesehatan. Di Amerika, rata-rata pensiunan menghabiska dana 5.118 dolar Amerika per tahun untuk biaya kesehatan. Ketika pensiun, anda tidak lagi ditanggung oleh asuransi dari kantor dan harus mengeluarkan uang dari kantong sendiri. Karena itu, diperlukan asuransi kesehatan ketika anda memutuskan untuk pensiun dini.

5. Bicara dengan pasangan anda

Salah satu langkah yang kadang sering dilupakan oleh seseorang yang ingin pensiun dini adalah berbicara dengan pasangannya dan juga keluarga. Mereka harus membahas rencana yang akan dilakukan ketika pensiun dini, harapan yang ingin dicapai serta ketakutan yang akan mereka alami serta bagaimana mereka mengelola peran baru sebagai “pengangguran” dan juga tanggung jawab.

6. Apakah anda benar-benar ingin pensiun

Pertanyaan ini harus anda tanya kepada diri sendiri. Banyak karyawan yang memilih pensiun dini karena tidak bisa bersaing dengan karyawan dengan usia yang lebih muda. Apabila anda bisa mencari cara untuk tetap bisa bersaing dengan karyawan yang usianya lebih muda, maka mungkin anda tidak perlu untuk pensiun dini.

 

TERPOPULER

To Top