INTERNASIONAL

15 Ribu Jamaah Haji Disambut di Pelabuhan Laut Jedah

JEDAH, HARIANACEH.co.id — Pelabuhan Islam Jedah menerima kedatangan 15.000 jamaah haji, Selasa, 30/09/2014. Menurut pejabat senior pelabuhan, mereka merupakan kontingen terakhir yang akan menunaikan ibadah haji melalui pelabuhan laut tersibuk di Laut Merah tersebut.

[-“CoywUMevxDH1xt5U4XdvCmxtpj6z2rlE”]Direktur Jenderal Pelabuhan Kapten Shaer Tahlawi mengatakan, hampir seluruh jamaah yang merapat ke pelabuhan tersebut berasal dari Mesir dan Sudan. “Mereka mulai melakukan perjalanan dari negaranya pada 9/09/2014,” katanya. Dia melanjutkan, “Para calon jamaah haji itu diangkut 20 kapal laut.”

Tahlawi menerangkan, pelabuhan laut ini sengaja dibangun negara dengan teknolgi seni tinggi dilengkapi fasilitas kedatangan dan keberangkatan jamaah. “Kami menyediakan enam bus untuk mengangkut penumpang feri dari pelabuhan menuju kantor imigrasi. Kami siapkan 20 kendaraan lain bagi masyrakat yang memiliki kebutuhan khusus.”

Pihak pelabuhan, Tahlawi menambahkan, juga menyiapkan tiga ambulans dan mobil pemadam kebakaran untuk berjaga-jaga bila terjadi masalah darurat. “Sebanyak 238 tenaga siap dikerahkan untuk melayani jamaah.”

Kementerian Kesehatan mengerahkan 100 staf untuk memeriksa kesehatan jamaah yang datang melalui pelabuhan laut. Menurut lembaga kesehatan Saudi ini, mereka tidak menemukan penyakit menular dari Afrika. Demi keamanan jamaah, Arab Saudi juga mengerahkan petugas keamanan pantai untuk patroli dan melakukan penyelamatan.

 

TERPOPULER

To Top