JAKARTA, HARIANACEH.co.id — Dewan Komisaris PT Pertamina telah menunjuk Muhammad Husein sebagai pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina, menggantikan Karen Agustiawan. Menurut anggota Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero) Bambang Brojonegoro, Husein yang kini menjabat sebagai Direktur Hulu Pertamina dipilih karena paling senior di antara kandidat lainnya.

[-“M9lfqJPUqtl1Bve0J9ADnkYRZaLJtODe”]”Dia yang paling senior. Alasan lainnya adalah bisnis Pertamina yang penting di hulu,” kata Bambang di Kementerian Badan Usaha Milik Negara, di Jakarta, Rabu, 1/10/2014.

Menurut Bambang, profit terbesar Pertamina saat ini berada di hulu. Untuk itu, Dewan Komisaris meminta Pertamina memperhatikan hulu. “Di antaranya adalah menaikkan lifting minyak,” kata Bambang yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan itu.

Baca Juga:  Pasar Saham IHSG Drop hingga 60 Poin

Bambang mennyatakan, Dewan Komisaris telah melihat mempertimbangkan semua kandidat sebelum menunjuk Husein. “Dia jadi pelaksana tugas sampai ditetapkan direktur utama definitif,” kata Bambang.

Terkait calon pengganti definitif Karen, kata Bambang, sudah ada beberapa nama yang akan disodorkan ke pemerintah baru. Namun Bambang enggan membocorkan. “Ada lah. Tapi itu rahasia,” katanya.

Juru Bicara PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir mengatakan, Dewan Komisaris Pertamina menunjuk Direktur Hulu Pertamina Muhammad Husein menjadi pelaksana tugas direktur utama Pertamina. Penunjukan itu dilakukan karena rapat umum pemegang saham Pertamina belum menentukan pengganti defintif Karen Agustiawan yang mengundurkan diri dari kursi direktur utama per hari ini, Rabu 1 Oktober 2014.

Baca Juga:  Logam Mulia Emas Naik Lagi

“Beliau menjadi pekaksana direktur utama Pertamina terhitung mulai 1 Oktober 2014 sampai ditetapkannya direktur utama yang definitif oleh rapat umum pemegang saham,” kata Ali di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu, 1 Oktober 2014.

Menurut Ali, RUPS yang baru dilaksanakan pagi tadi di kantor Kementerian BUMN, hanya menyampaikan surat keputusan tentang pemberhentian Karen secara resmi. Dewan Komisaris kemudian menunjuk Husein sebagai pelaksana tugas dengan kewenangan penuh. Namun posisi direktur hulu Pertamina disebut masih dipegang oleh Husein. “Disamping jabatannya sebagai direktur hulu, Husein juga menjabat pelaksana direktur utama dengan kewenangan penuh,” kata Ali.

 

loading...