JAKARTA, HARIANACEH.co.id —┬áPartai Demokrat masih belum memutuskan akan berkoalisi dengan siapa di parlemen periode 2014-2019. Namun kepada Koalisi Merah Putih, Demokrat meminta dua posisi yaitu Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat.

[-“M64gwjmUTAlQYx9OFmxtV0CMQgwpUGCE”]”Makanya ini masih alot,” kata Wakil Bendahara Golkar Bambang Soesatyo.di kompleks parlemen, Senayan, Rabu, 1 Oktober 2014. Menurut Bambang, kandidat terkuat menjadi Wakil Ketua DPR dari Demokrat adalah Edhie Baskoro Yudhoyono.

Dia mengatakan, Koalisi sudah memutuskan Setya Novanto sebagai calon Ketua DPR. Komposisi wakil ketua masih dibicarakan bersama anggota koalisi yang lain. Meskipun ada godaan, sejauh ini Bambang yakin Koalisi Prabowo masih tetap solid. “Golkar tak akan bermanuver buruk,” kata dia.

Baca Juga:  Pasal Pemilihan Ketua MPR Ditunda MK Untuk Disidangkan

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding optimis Demokrat bakal merapat ke koalisi Jokowi. Menurut dia lobi intensif terus dilakukan oleh petinggi partai politik. Dia sendiri mengaku belum memperoleh informasi detail soal lobi ini. “Tetapi ruang untuk berkoalisi, tergantung Demokrat,” kata Karding.

Karding juga membenarkan bahwa pimpinan Koalisi Jokowi bakal bertemu Susilo Bambang Yudhoyono. Dia mengatakan, pertemuan ini merupakan bentuk lobi dan konsolidasi. Menurut Karding, politik tidak boleh kaku. “Kami ingin mencairkan komunikasi,” kata dia.

 

loading...