LONDON, HARIANACEH.co.id —¬†Arsene Wenger merayakan tahun kedelapan belasnya sebagai pelatih Arsenal pada Rabu, 1 Oktober 2014. Ia mendapat kado istimewa karena pada hari itu Arsenal berhasil menang 4-1 atas Galatasaray.

[-“5H3CzJ9D62GOifWJzLJZH984zES0bwOQ”]Selama 18 tahun di London, ia sudah memberi 13 gelar juara buat Gunners, termasuk tiga di Liga Primer. Tapi masih ada sejumlah hal yang belum bisa dilakukan The Professor di klub Inggris ini. Inilah beberapa di antaranya:

  1. Juara Liga Champions
    Hal terbaik yang bisa dilakukan Wenger di kompetisi antarklub Eropa ini adalah mencapai final pada 2006, saat mereka dikalahkan Barcelona. Di Piala UEFA (sekarang Liga Europa), ia juga belum pernah juara dan hanya bisa mencapai final pada 2000.
  2. Mengalahkan Jose Mourinho
    Wenger sudah sebelas kali berusaha mengalahkan The Special One. Semuanya berujung kegagalan.
  3. Memecahkan Rekor Transfer
    Di bawah asuhannya, Arsenal lebih dikenal sebagai klub pencetak bintang. Pembelian termahal yang dilakukan Wenger adalah saat Arsenal menggelontorkan 42,5 juta pound sterling untuk memboyong Mesut Oezil. Angka itu masih jauh di bawah rekor pembelian termahal di Liga Primer Inggris.
  4. Memenangi Gelar Piala Liga
    Ia sudah lima kali mengecap gelar Piala FA, tapi, di Piala Liga, timnya selalu gagal juara. Dua kali masuk final, mereka dua kali gagal pula.
Baca Juga:  Southampton vs Arsenal, Ini Dia Susunan Pemainnya

Namun, bersama Arsenal, Wenger tak pernah melihat timnya kalah di babak kualifikasi Liga Champions. Di bawah asuhannya, Arsenal juga selalu bisa finis di posisi empat besar dan melewati babak ketiga Piala FA.

 

loading...