NASIONAL

Jokowi Pamer Batik Klewer Rayakan Hari Batik Nasional

JAKARTA, HARIANACEH.co.id — Presiden terpilih Joko Widodo memamerkan baju batiknya saat meresmikan pembukaan Pasaraya Tribute to Batik 2014 dengan tema “Pasar Klewer Solo Pindah ke Jakarta” di Blok M, Jakarta Selatan, hari ini. Saat memberi sambutan, Jokowi mengatakan baju yang dikenakannya dia beli di Pasar Klewer, Solo.

[-“RMpHm8gyqBHCL838e4gcgVk7umEdhs99″]”Saya beli bahan batik di sana, terus dijahit. Asli Klewer,” kata Jokowi, Kamis, 2/10/2014. Jokowi mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna coklat.

Menurut Jokowi, batik sudah seharusnya dipakai dan diperkenalkan terus-menerus. “Saya ingin nanti pejabat atau menteri kalau rapat pakai batik, enggak pakai jas,” kata Jokowi.

Jokowi melanjutkan, batik juga identik dengan pengusaha menengah dan kecil. “Potensi dan kekuatan sudah ada, tinggal bagaimana negara ikut membangun dan peduli,” katanya.

Menurut Jokowi, dengan adanya perhatian dari negara, usaha industri kecil di pedesaan akan tumbuh. “Saya yakin akan terus berkembang kalau negara ikut serta,” kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi berharap industri kreatif kecil di pedesaan, seperti batik, tenun ikat, dan industri bordir, semakin dikembangkan. “Itu potensi ekonomi kerakyatan,” kata Jokowi.

 

TERPOPULER

To Top