BAGDAD, HARIANACEH.co.id — Pasukan keamanan Irak yang didukung oleh militer Amerika Serikat dan sekutunya berhasil mengambil kembali lima desa yang dikuasai militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Provinsi Salahudin, sebelah utara Bagdad.

[-“WGFklI0NHlfRe7VQk6NRE54wcyql3wyF”]Menurut laporan Xinhua pada Rabu, 1 Oktober 2014, serangan ini mulai dilancarkan pada Rabu pagi. Militer awalnya menghadapi perlawanan keras dari militan ISIS tapi sejumlah alat berat dan pesawat memungkinkan mereka memenangkan pertempuran dan memukul mundur militan ISIS ke arah barat.

Seorang sumber keamanan Irak menyebutkan, 81 orang tewas dalam serangan ini. Namun, tidak ada konfirmasi mengenai identitas mereka.

Baca Juga:  Di Area Bekas Jajahan ISIS Ditemukan 50 Kuburan Massal

Saat ini, pasukan keamanan Irak juga menargetkan posisi ISIS di Kota Amerli, sekitar 70 kilometer dari Kota Tikrit yang masih dikuasai ISIS. “Target utama adalah merebut kembali jalan utama dan jembatan yang mengarah ke Tikrit,” kata sumber tersebut.

Tikrit, yang merupakan ibukota Provinsi Salahudin, berada sekitar 170 kilometer sebelah utara Bagdad. Kota kelahiran mantan Presiden Saddam Hussein tersebut berada di bawah kendali ISIS sejak 11 Juni lalu. ISIS menguasai kota ini setelah berhasil menguasai Kota Mosul dan Nineveh.

 

loading...