,

Refly Harun Menyebutkan Jokowi Tak Perlu Takut Dengan DPR RI

JAKARTA, HARIANACEH.co.id —¬†Pengamat hukum tata negara, Refly Harun, mengatakan pemerintah presiden terpilih Joko Widodo tidak perlu khawatir akan dominasi koalisi pendukung Prabowo Subianto di parlemen. “Presiden tetap lebih kuat,” ujarnya seperti dilansir laman tempo, Kamis, 2/10/2014.

[-“ypIHgm5oH8GKUOoVmSdFZ91tP3a7v1yz”]Refly menjelaskan, hubungan eksekutif dan legislatif yang memanas seperti ini wajar terjadi. “Yang penting pemerintah (Jokowi) harus lurus,” ujarnya. Pemerintah Jokowi, tutur Refly, hanya perlu membuat program-program murni prorakyat.

Refly menegaskan, Jokowi harus sangat selektif dalam memilih menteri-menteri, termasuk menghindari potensi korupsi yang bisa datang dari lingkungannya sendiri, seperti yang terjadi pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia mengimbau Jokowi agar awas terhadap penyusunan rancangan undang-undang yang disodorkan parlemen kelak. Mantan Wali Kota Solo tersebut harus bisa membedakan RUU yang memihak rakyat dan demokrasi dengan yang tidak. “Presiden berhak menolak sebuah RUU,” ujarnya.

Jokowi harus dapat menutup segala celah upaya parlemen yang ingin menjadikan Majelis Permusyawaratan Rakyat sebagai lembaga tertinggi negara. “Pasalnya, eksekutif dan legislatif berasal dari partai yang berlawanan,” katanya.

 

loading...

Untuk Jual Pepsi True, Pepsi Pilih Amazon

Turis Cina Dilarang ke Hong Kong Karena Situasi Memanas