AMERIKA SERIKAT, HARIANACEH.co.id — Pasangan Bill dan Melinda Gate tercatat sebagai orang yang paling dermawan versi majalah Forbes. Keduanya telah mendonasikan hartanya sekitar US$ 2,6 miliar untuk melawan penyakit dan membangun pendidikan di seluruh penjuru dunia.

[-“UfaQmoixHR9HquvWiDjCI8dcFEx6iGaP”]Tahun lalu, Forbes mencatat keduanya telah mendonasikan US$ 50 juta yang disalurkan ke yayasan International Aids Vaccine Initiative. Adapun seluruh keduanya mencapai selama ini diperkirakan mencapai US$ 30,2 miliar atau setara dengan dengan sepertiga penghasilan bersihnya.

Seperti dikutip oleh cnet.com, Ahad 5 Oktober 2014, pasangan ini mendonasikan uangnya melalui yayasan yang didirikan, Bill and Melinda Gates Foundation. “Bill dan Melinda terus melawan berbagai penyakit seperti malaria, polio dan lain-lain serta membangun pendidikan di Amerika Serikat. Alokasi terbesar diberikan kepada World Health Organization (WHO),” demikian pernyataan Forbes.

Baca Juga:  Tatang Koswara Sniper Terbaik di Dunia

Selain Gates, orang kaya lainnya yang berhati rupawan adalah bos Facebook, Mark Zuckerberg. Pada 2013, Zuckerberg telah mendonasikan US$ 991 juta dibidang pendidikan dan kesehatan. Total donasi yang telah disalurkan adalah US$ 1,5 miliar atau setara dengan 4 persen dari keuntungan bersihnya. Jumlah donasi Zuckerberg ini naik hingga dua kali lipat dibandingkan 2013.

Lainnya adalah pendiri Intel, Gordon Moore dan istrinya, Betty. Berada diposisi 8 orang kaya yang dermawan, sumbangan pasangan ini pada tahun lalu mencapai US$ 321 juta. Total donasi Intel selama ini mencapai US$ 2,6 miliar atau setara 37 persen dari pendapatan bersihnya. Intel pernah memberikan sumbangan sebesar US$ 25 juta ke University of California

Baca Juga:  Ini Presiden Ke-16 Abraham Lincoln

Boss eBay, Omirdyar dan istrinya juga berhati emas. Mereka menempati peringkat ke 10 dalam list yang dikeluarkan oleh Forbes. Mereka telah menyumbangkan US$ 294 juta pada 2013, adapun total donasi yang pernah disumbangkan mencapai US$ 1 miliar.

Forbes bekerjasama dengan Philanthropic Research Institute of Boca Raton untuk mengumpulkan data donatur kaya ini. Mereka mendata 50 orang Amerika paling dermawan yang dirinci dari 1.375 donatur.

 

loading...