HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hari Kamis, Para Jemaah Haji Indonesia Mulai Pulang

1

MEKKAH, HARIANACEH.co.id – Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil mengatakan jemaah haji asal Indonesia akan pulang ke Tanah Air mulai 9 Oktober mendatang. “Itu untuk yang kloter pertama,” kata Djamil seperti dilaporkan laman tempo, Senin, 6/10/2014.

[-“f1OPktuyxD90GEBx7dFz8lqsZ6eQbskl”]Menurut Djamil, kepulangan jemaah haji melalui dua kota, yaitu Mekah dan Jedah. Saat ini, seluruh jemaah sedang bergerak ke Mekah dan Mina. Mereka akan dibagi kembali dalam dua kelompok terbang besar, yakni kloter Mekah dan kloter Jedah.

Ibadah haji 2014 telah memasuki masa akhir. Puncak ibadah haji, yaitu wukuf, selesai dilakukan pada 3 Oktober lalu. Seluruh jemaah haji pun telah melakukan lempar jumrah di Mina. Indonesia mengirimkan jemaah haji dalam 371 kloter yang terdiri atas 155.200 orang.

Jemaah yang pulang melalui Jedah adalah mereka yang pergi ke Madinah lebih dulu. “Mereka adalah jemaah yang kemarin pas sampai langsung ke Mekah, belum ke Madinah,” ujar Djamil. “Padahal semua jemaah wajib ke Madinah dan Mekah.”

Karena itu, jemaah yang ke Madinah akan tinggal di sana selama beberapa hari untuk melakukan ritual ibadah lagi sekaligus ziarah. Setelah itu mereka akan pulang langsung pulang, tidak kembali ke Mekah.

Diperkirakan, pemulangan jemaah ke Tanah Air akan berlangsung sampai akhir Oktober 2014. Jemaah yang berada di Mekah yang akan tiba lebih dulu di Tanah Air karena mereka telah selesai menunaikan ibadah haji.

 

loading...