HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

IHSG Bakal Menguat Karena Dipacu Sentimen Global

3

JAKARTA, HARIANACEH.co.id — Analis dari PT Investa Saran Mandiri, John Vetter, mengatakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia diperkirakan akan semakin menguatan, dipicu oleh kenaikan bursa regional. Hal ini dipicu sentimen global seperti meredanya demonstrasi di Hong Kong “Pasar juiga terpengaruh oleh data tenaga kerja yang membaik di Amerika Serikat,” kata dia.

[-“2rUoTwEt4nKZ2tNJt6vbhWdbbMeVrJEm”]Pada penutupan perdaganga Selasa, 7/10/2014, IHSG menguat 32,703 poin (0,65 persen) ke level 5.032,841 pada perdagangan Selasa, 7/10/2014. Saham yang ditransaksikan mencapai 5,4 miliar lembar senilai Rp 4,6 triliun.

Menurut John, IHSG digerakkan oleh saham-saham lapis dua, seperti konstruksi, properti, dan industri dasar. Sementara itu, saham-saham lapis pertama, yang menjadi penggerak hari sebelumnya, kini mulai stagnan dan terkoreksi, misalnya, Bank Mandiri dan Bank BRI.

Di sisi lain, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar turut menambah sentimen positif di pasar. Investor asing kembali mencatat pembelian bersih Rp 152 miliar. John meyakini investor asing masih optimistis terhadap pasar saham Indonesia, tapi menunggu momentum yang tepat. “Ada kemungkinan mereka masuk saat pelantikan presiden 20 Oktober dan pengumuman susunan kabinet pemerintahan Jokowi-JK,” ujar John.

John memperkirakan, hari ini, Rabu, 8/10/2014, indeks akan bergerak konsolidasi di kisaran 5.000-5.100. Sentimen politik dari pemilihan Ketua MPR tidak terlalu direspons oleh pelaku pasar. Kalaupun ada pengaruhnya, tidak akan terlalu besar.

 

loading...