SAINS

Ini Kegiatan Astronom Bosscha Terkait Gerhana Bulan Total

BANDUNG, HARIANACEH.co.id — Menjelang terjadinya gerhana bulan total Rabu petang hingga malam ini, 8/10/2014, sejumlah pihak di Bandung mengadakan kegiatan khusus. Selain salat sunah gerhana bagi kaum muslim, ada kegiatan pengamatan bersama serta diskusi.

[-“1i6JyGBBNmqT9N1O7F9bHGsZIajQwamM”]Di Observatorium Bosscha, Lembang, kelompok astronomnya akan mengamati gerhana bulan total dengan mata langsung serta teleskop. Pengamatan secara tertutup atau hanya kalangan khusus astronom ini, ujar Direktur Observatorium Bosscha Mahasena Putra, tidak serius untuk penelitian. “Dari Bosscha bisa terlihat, tapi di bagian barat Indonesia kita hanya bisa dapat separuh prosesnya,” katanya, Rabu, 8/10/2014.

Sementara itu, komunitas Langit Selatan akan mengamati dari gedung tinggi di Bandung. Sementara himpunan mahasiswa Astronomi ITB, berencana menyaksikannya dari gedung di kampus. Adapun di kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, digelar diskusi tentang gerhana bulan total dari pukul 16.00 WIB.

“Gerhana dan perspektif yang lebih luas lagi,” kata dosen astronomi ITB, Ferry Simatupang, salah seorang pembicara yang diundang.

 

TERPOPULER

Keatas