HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penentuan Pemilihan Ketua MPR Lewat Voting

3

JAKARTA, HARIANACEH.co.id – Pimpinan sementara Rapat Paripurna Pemilihan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Maemanah Umar, dari DPD Riau mengesahkan dua paket pimpinan MPR untuk dipilih melalui mekanisme voting.

[-“Fx9vYJimyafknNtRusRbdF9f77qXrnsP”]”Paket A untuk paket yang mengusung Pak Oesman sebagai ketua, yang lain adalah paket B,” kata Maemanah di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 7/10/2014.

Metode voting digunakan karena jika mengacu pada tata tertib pemilihan pimpinan MPR harus dilakukan apabila ada lebih dari satu paket pimpinan dan tak bisa diambil keputusan mufakat. Pengambilan suara dimulai dari fraksi DPD.

Oesman Sapta diusung sebagai pimpinan MPR periode 2014-2019. Oleh koalisi Jokowi, Oesman diusulkan sebagai Ketua MPR didampingi oleh Achmad Basarab dari PDI Perjuangan, Imam Nahrawi dari PKB, Hazrul Azwar dari PPP, dan Patrice Rio Cappela dari Partai NasDem.

Adapun Partai Hati Nurani Rakyat tidak kebagian jatah pimpinan MPR. Meskipun begitu, partai pimpinan Wiranto tersebut masih tetap dukung oleh presiden terpilih Jokowi.

Oesman juga dicalonkan sebagai wakil ketua MPR oleh koalisi Prabowo bersama EE Mangindaan dari Demokrat, Mahyudin dari Golkar, Hidayat Nur Wahid dari PKS, dan Zulkifli Hasan dari PAN sebagai ketua.

 

Komentar
Sedang Loading...
Memuat