HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hari Ini KPK Bisa Menahan Jero Wacik Sebagai Tersangka Korupsi

1

JAKARTA, HARIANACEH.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil bekas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. Dia akan diperiksa dengan status sebagai tersangka terkait dengan kasus yang menjeratnya, yaitu dugaan tindak pemerasan selama menjabat. Ada kemungkinan KPK langsung menjebloskan Jero ke rumah tahanan.

[-“Z6pR2hDU6udIGnITyZzh8wO7idAHLoU7″] ”Bisa jadi langsung ditahan atau bisa tidak, karena penahanan tergantung penyidik,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha di halaman gedung kantornya, Kamis, 9/10/2014.

Pada 3/09/2014, KPK mengumumkan status Menteri Jero sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Modusnya, menghimpun pendapatan dari biaya pengadaan di Kementerian Energi, mengumpulkan dana dari rekanan kementerian terhadap program tertentu, dan membuat rapat-rapat fiktif.

KPK lalu menyangka Jero melanggar Pasal 12 e atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 421 KUHP.

Pasal-pasal itu berkaitan dengan pemerasan alias menyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa seseorang memberikan sesuatu, dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum.

Menurut KPK, perbuatan politikus Partai Demokrat itu bikin keuangan negara rugi hingga Rp9,9 miliar. Saat ini, Jero juga berstatus anggota DPR dari Partai Demokrat. Menurut penjelasan Komisi Pemilihan Umum beberapa waktu lalu, status Jero ini masih berlaku selama belum dinyatakan bersalah dan berstatus hukum tetap terkait dengan kasusnya ini.

 

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time