JAKARTA, HARIANACEH.co.id — Presiden terpilih Joko Widodo masih mengevaluasi sejumlah kandidat menteri dalam kabinetnya. Jokowi akan mengurangi jumlah kementerian, tapi menambah jumlah kementerian koordinator.

[-“EaWh9V0TES5Zz9SngG2knjllzM6CXR84″]”Nanti kalau sudah final betul baru akan kita umumkan, tapi sampai hari ini ada 33. Menkonya ada empat,” kata Jokowi di rumah dinas Gubernur DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 10/10/2014.

Menurut Jokowi, komposisi jumlah kementerian ini bisa saja akan kembali berubah. Sebab, dia dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla masih melakukan sejumlah evaluasi. Jokowi juga menolak memberi penjelasan lebih lanjut ihwal kementerian yang akan dipangkas.

“Nanti tak (saya) umumin. Pokoknya hanya itu dulu ajalah. Nanti kita umumkan kalau sudah final betul. Ini masih evaluasi, kan,” kata Jokowi.

Baca Juga:  Hari Ini, Nasib Gubernur Gatot dan Istri Mudanya Diputuskan KPK

Mantan Wali kota Solo itu mengatakan dia sudah mengantongi sejumlah nama yang akan mengisi seluruh pos kementerian. Setiap pos kementerian sudah terisi dengan nama kandidat.

Namun, di pos-pos itu masih belum mengerucut hingga menjadi satu nama. “Isinya ada yang empat, ada yang lima, ada yang tiga, ada yang dua. Itu yang disaring jadi satu-satu,” kata Jokowi.

Soal kabinet yang akan segera diumumkan sebelum pelantikannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober mendatang, Jokowi menjawab, “Akan kita selesaikan secepatnya. Lebih cepat lebih baik. Semakin cepat semakin baik,” kata Jokowi.

 

loading...