PADANG, HARIANACEH.co.id —¬†Sebanyak 451 jemaah haji debarkasi Padang tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis, 9/10/2014 sekitar pukul 22.43 WIB.

[-“DFZvLKogZhC4AYvxGKkp8FNfsn47l4y5”]Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat Syamsuir mengatakan ada satu orang jemaah di kloter pertama ini yang meninggal di Arab Saudi. Jemaah bernama Syamsiar Udin, 89 tahun, berasal dari Kota Padang. “Jemaah wafat diduga karena sakit jantung,” ujar Syamsuir di Asrama Haji Padang, Kamis, 9/10/2014.

Menurut Syamsuir, di kloter ini ada juga jemaah tanazul atau pengaturan kembali jadwal kepulangannya. Jemaah bernama Razif Farooqi Risfa dan berasal dari kloter 12.

Baca Juga:  Game Balapan Gaya Jadul Segera Hadir di iOS, Horizon Chase

Menurut Syamsuir, jemaah haji kloter pertama debarkasi Padang, Sumatera Barat, ini merupakan rombongan jemaah haji asal Indonesia yang pertama kali meninggalkan Mekah. Mereka menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 747 seri 400 dengan kode penerbangan GA 3401 dan dilepas langsung Menteri Agama Lukman Hakim.

Jemaah haji kloter pertama ini berasal dari Kota Padang, Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan dan Limapuluh Kota. Kata Syamsuir, setiba di Asrama Haji suhu tubuh mereka akan diperiksa.

Kasi Kesehatan Pelabuhan Padang Henny Masyitoh mengatakan satu buah thermal scanner (pemindai suhu tubuh) dipasang di pintu masuk Aula Asrama Haji Padang, tempat jemaah berkumpul.

Menurut Henny, pemasangan thermal scanner dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran wabah, seperti MERS dan ebola. “Jika suhu tubuh di atas 38 derajat, alat ini akan mendeteksi. Kita akan melakukan pemeriksaan terhadap mereka,” ujarnya.

Baca Juga:  Bandel, Seorang Balita Disundut Rokok

Debarkasi Padang memberangkatkan jemaah berjumlah 5.870 orang dari 13 kloter. Terdiri atas 3.568 jemaah dari Sumatera Barat, 1.287 anggota dari Bengkulu, dan 950 orang jemaah dari Jambi. Lalu, ada 65 petugas haji. Mereka berumur dari 21 hingga 94 tahun. Sekitar 60 persen anggota berumur 50-90 tahun.

Syamsuir mengatakan sesuai dengan informasi yang diterima, jumlah jemaah haji embarkasi Padang yang meninggal di Tanah Suci sebanyak enam orang. Terdiri dari tiga orang jemaah dari Sumatera Barat, dua jemaah dari Jambi, dan satu jemaah dari Bengkulu.

 

loading...