JAKARTA, HARIANACEH.co.id — Presiden terpilih Joko Widodo mengklaim sudah menemui sejumlah kandidat kuat yang akan mengisi pos kementerian pada masa pemerintahannya mendatang.

[-“rvaXDU9oljUgkbMGT8yHxXXS8smW8bmL”]”Sudah. Ada yang ngobrolnya di warung. Ada yang ngobrolnyadi sini. Ada yang ngobrolnya di Pak JK (Jusuf Kalla). Ada yangngobrolnya di kantor. Macam-macamlah,” kata Jokowi di rumah dinas Gubernur DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 10/10/2014.

Jokowi menuturkan proses pemilihan menteri pada dasarnya hanya mempertimbangkan rekam jejak. Untuk itu, Jokowi tidak akan melakukan wawancara formal kepada kandidat menteri.

“Jadi, yang dicek enggak merasa, enggak ada interview-interview-anlah. Hanya cek rekam jejak. Kemampuan manajerial, kemampuan manajemen, bisa kita lihat dari rekam jejak,” kata Jokowi.

Baca Juga:  Mengarahkan Warga Pilih Prabowo, KSAD Hukum Danramil Gambir

Mantan Wali Kota Solo itu mengaku masih menyeleksi kandidat menteri kabinetnya. “Saya dan Pak JK ini tiap hari sampai tengah malam terus berduaan, melakukan evaluasi dan penyaringan,” ujarnya.

Meski belum merampungkan nama-nama menteri, Jokowi telah menetapkan jumlah kementerian dalam pemerintahannya mendatang. “Sampai hari ini, kementerian ada 33. Menkonya ada empat,” tutur Jokowi.

 

loading...