CALIFORNIA, HARIANACEH.co.id — Asisten virtual pribadi Siri selama ini dianggap favorit. Selain karena berada di bawah nama besar Apple, Siri pun dianggap cerdas.

[-“UWlcaNYqAksZUbkJBuTiZOGCka46qOFW”]Bagi Anda yang selama ini berpikir Siri sebagai yang paling cerdas, sebaiknya berpikir ulang. Sebab, dalam tes intelegensia, Siri ternyata kalah cerdas dibanding Google Now. Tes yang diadakan oleh konsultan Stone Temple dilakukan dengan membandingkan tiga asisten virtual, yakni Siri, Google Now, dan Cortana buatan Microsoft.

“Tim kami memberikan 3.086 pertanyaan kepada masing-masing asisten,” ujar perwakilan Stone Temple kepadaHuffington Post, Jumat, 10/10/2014.

Pertanyaan yang diberikan tidak hanya yang memiliki jawaban pasti, seperti soal Matematika. Mayoritas pertanyaannya bersifat terbuka, seperti “Apakah hidup Anda bahagia?”. Hasilnya, Google Now berhasil menjawab 88 persen pertanyaan. Sementara itu, Siri menjawab 53 persen dan Cortana 40 persen.

Baca Juga:  Hafizh Quran Aplikasi Tool Menghafal Al Quran

“Maka sudah jelas bahwa Google Now memimpin di antara asisten virtual,” kata seorang pakar teknis Stone Temple, Eric Enge. Menurut Eric, hal itu tidak mengherankan karena Google selama ini sukses menjadi mesin pencari.

Platform lain yang kini memiliki asisten virtual adalah BlackBerry, yang diberi nama Vlingo. Asisten ini beroperasi lewat perintah suara. Ia dapat digunakan untuk mengatur surat elektronik, kalender, sosial media, dan membuat pengingat. Fungsinya juga kompatibel dengan BlackBerry Messenger (BBM).

 

loading...