MAKASSAR, HARIANACEH.co.id — Istri Mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan/Panglima ABRI Jenderal Muhammad Jusuf, Elly Saelan meninggal dunia di rumah sakit Jaury Yusuf Akademis Makassar, sekitar pukul 16.20 WITA, Sabtu, 11/10/2014.

[-“twqfuUm934ra1nXKrp1ISmUtjYBwHKdg”]Almarhumah meninggal di usia 84 tahun. Elly Saelan merupakan adik kandung pahlawan asal Makassar Emmy Saelan dan Maulwi Saelan, ajudan terakhir Bung Karno.

“Almarhum sudah di rumah duka di Jalan Sungai Tangka Makassar. Kemungkinan akan dimakamkan di samping makam Jenderal M Jusuf di pemakaman Islam Panaikang Makassar,” kata Andi Nasruddin salah satu keluarga Jenderal M. Jusuf seperti dilansir laman tempo, Sabtu, 11/10/2014.

Baca Juga:  Marinir Bertindak Melihat Kondisi Terumbu Karang Memprihatinkan

Menurut Nasruddin, kondisi kesehatan istri dari salah satu tokoh Supersemar ini memang sering drop. Biasanya, rutin menjalani perawatan di rumah sakit.

Sehari sebelumnya Andi Tenri Gappa yang biasa disapa Onny Gappa, tokoh penghijauan yang dijuluki Bapak Trembesi Indonesia, keponakan dari Jenderal M Jusuf, juga meninggal.

Kepala Perwakilan Bank Panin di Kawasan Timur Indonesia, yang lebih dikenal sebagai aktivis lingkungan ini menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Mount Elizabeth, Singapura, sekitar pukul 22.24 waktu setempat, atau Jumat malam, pada 10 Oktober.

Selama 10 bulan, Onny rutin bolak-balik Makassar-Singapura untuk menjalani perawatan, akibat penyakit kanker usus.

Andi Hudli Huduri, sahabat dan juga direksi Bank Panin Makassar, mengatakan Onny meninggal setelah mengalami kritis akibat infeksi di saluran darah. “Ia meninggal sesudah menjalani operasi,” katanya. Hudli turut menemani Onny selama di Singapura

Baca Juga:  Sel Isolasi LP Cipinang Jadi Tempat Labora Sitorus

Jenazah Onny yang juga adik ipar penyanyi era tahun 1970-an Andi Meriem Matalatta ini akan dikebumikan malam ini di kompleks makam keluarga Andi Matalatta, di Tana Maridie, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Di balik profesinya sebagai bankir, jasa Onny sangat besar dalam memfasilitasi pembibitan dan penanaman pohon Trembesi di seluruh Indonesia, dengan menggunakan dana pribadi. “Pak Onny juga pernah menanam pohon di Arab Saudi,” kata Hudli.

 

loading...