MARYLAND, HARIANACEH.co.id —┬áSebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum kopi tanpa kafein sama bermanfaatnya dengan minum kopi biasa untuk menjaga kesehatan hati. Terlepas dari apakah mereka minum kopi tanpa kafein atau biasa, orang-orang dalam penelitian itu yang minum kopi dalam kadar besar setiap hari memiliki tingkat enzim hati abnormal yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa bahan kimia dalam kopi, selain kafein, dapat membantu hati.

[-“wShSgEJjRL4zoiM6QE6b636V49TcZ3tB”]Penelitian lain telah menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes, penyakit jantung, penyakit hati berlemak non-alkohol, sirosis, dan kanker hati. “Penelitian sebelumnya menemukan bahwa minum kopi mungkin memiliki efek perlindungan pada hati,” kata pemimpin penelitian, Dr Qian Xiao, dari National Cancer Institute di Bethesda, Maryland, dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari Livescience, Kamis, 9 Oktober 2014. “Namun bukti tersebut tidak jelas apakah manfaat itu dapat diperluas ke kopi tanpa kafein.”

Baca Juga:  Setiap Minggunya, Seberapa Jauhkah Anda Perlu Berlari?

Untuk menjawab pertanyaan itu, Xiao dan rekan-rekannya menggunakan data dari National Health and Nutrition Examination Survey–surveinya dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit–untuk menilai kesehatan orang yang tinggal di Amerika Serikat. Dalam survei ini, peserta tidak hanya diwawancarai. Mereka juga menjalani pemeriksaan fisik, termasuk tes darah.

Para peneliti melihat pada sekitar 27.800 orang berusia 20 tahun atau lebih tua yang melaporkan berapa banyak kopi yang mereka konsumsi selama 24 jam terakhir. Tim juga melihat sampel darah mereka untuk beberapa penanda kesehatan hati, termasuk alanine aminotransferase (ALT), aspartate aminotransferase (AST), alkaline phosphatase (ALP), dangamma-glutamyl transaminase (GGT). Peningkatan kadar enzim hati mungkin merupakan tanda dari kerusakan hati atau peradangan.

Baca Juga:  5 Cara Menggairahkan Vagina Wanita yang Belum Diketahui Pria

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa orang minum tiga atau lebih cangkir kopi sehari memiliki tingkat lebih rendah dari keempat enzim ini dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi apa pun. Anehnya, tidak masalah apakah seseorang minum kopi reguler atau kopi tanpa kafein: efek pada tingkat enzim hati hampir identik.

“Temuan kami menghubungkan asupan kopi total dan tanpa kafein dengan penurunan kadar enzim hati,” kata Xiao. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi komponen kopi apa yang bertanggung jawab untuk efek ini, katanya.

Studi ini akan diterbitkan dalam jurnal Hepatology edisi mendatang.

 

loading...