, ,

Anda Sakit? Sembuhkan Dengan Terapi Musik

WASHINGTON, HARIANACEH.co.id — Program-program terapi musik cenderung berdampak cepat bagi penyembuhan. Namun, karena ukuran kelasnya terbatas, maka seringkali terapi musik ini mengalami ‘daftar tunggu’ di pusat-pusatnya di negara berkembang.

[-“cjcU9jkuO8btXlE6Ztfxoiy5i2Nb1HaR”]Terapi musik adalah pengobatan integratif yang bekerja dengan baik apabila dikombinasikan dengan perawatan medis standar. Ini bergantung pada jenis dan kondisi pasien. Lalu, siapa saja yang bisa merasakan manfaat dari terapi musik ini? Ini dia ulasannya, dikutip dari SymptomFind, Senin (7/1).

  1. Terapi musik sering digunakan untuk mengobati anak-anak dan remaja yang menderita gangguan perilaku, cacat perkembangan mental, dan anak-anak dengan kemampuan belajar yang rendah.
  2. Wanita yang sedang hamil dan mereka yang menggunakan segenap tenaganya untuk membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan juga efektif menjalani terapi musik.
  3. Terapi musik juga sering digunakan oleh pusat pengobatan yang mengobati cedera otak atau penyakit Alzheimer. Terapi musik juga sering digunakan oleh pusat-pusat kanker, dan pusat penyalahgunaan narkoba dan alkohol.
  4. Banyak psikiater atau psikolog mempromosikan penggunaan terapi musik untuk mengobati pasien yang menderita kecemasan dan gangguan kesehatan mental.
  5. Terapi musik adalah pengobatan yang aman dan alami dan dianjurkan untuk siapa saja yang menderita sakit melalui pendekatan holistik.

Anda sebetulnya juga bisa berlatih sendiri untuk menjalani beberapa terapi musik dasar. Bagaimana caranya?

Pertama, anda mengidentifikasi jenis musik yang memiliki efek menenangkan ada. Setiap individu memiliki selera musik yang bervariasi. Anda tak perlu membatasi diri anda dengan musik klasik yang secara tradisional dipercaya dapat membantu relaksasi dan mediasi.

Meskipun musik klasik bekerja efektif pada sebagian besar orang, namun ada juga orang yang menemukan efek lebih baik setelah mendengarkan musik jenis rock and roll atau musik country. Ini adalah pilihan berdasarkan rasa suka dan tidak suka anda.

Kedua, jika anda tak yakin dengan jenis musik apa yang cocok untuk kondisi anda maka lakukan tes sederhana untuk mengetes tipe kepribadian anda. Caranya sederhana, tanyakan pada diri anda apa reaksi awal yang anda lakukan jika anda merasakan nyeri. Misalnya, nyeri pada kaki anda atau nyeri pada lidah anda.

Jika anda mengoceh terus sampai rasa sakit anda hilang, berarti anda memiliki kepribadian yang memerlukan lebih banyak musik agresif dengan ketukan cepat. Jika anda tersenyum dan menahan rasa sakitnya, maka anda mungkin membutuhkan musik bernada lembut, lambat, dan berirama variatif.

Ketiga, anda bisa membeli CD musik atau mengunduhnya dan membuat semacam koleksi musik pribadi. Dengarkan lagu dan musik pilihan anda tersebut selama anda berada di dalam mobil sambil menyetir, atau sebelum tidur.

loading...

Publik Dihebohkan dengan Munculnya Kelompok Bersenjata Aceh

Dua Pertiga Penduduk Dunia Berhasil Dihubungkan Internet.org