JAKARTA, HARIANACEH.co.id —¬†Otong Lenon, salah satu pelawak senior di Indonesia meninggal dunia. Kabar meninggalnya pelawak asal Melayu, Riau, ini beredar ramai dari para seniman Riau. Dikabarkan Otong meninggal dunia pada Senin dinihari, 13/10/2014 di Rumah Sakit Umum Daerah Riau (RSUD) Arifin Achmad, Pekan Baru.

[-“C7E84o0qxeMDhzaFNexPLMPiB9yiuPbi”]Akhir-akhir ini, Otong Lenon dikabarkan dirawat di rumah sakit, akibat komplikasi beberapa penyakit. Otong akan dimakamkan di kampung halamaannya, Benai, Taluk Kuantan, Riau.

Pria kelahiran Riau 14/04/1957 ini meniti karier pada tahun 1976 ikut bermain di film Si Doel Modern bersama almarhum Benyamin S. Saat itu usianya baru 19 tahun dan kebagian peran sebagai anak kecil lantaran memiliki tinggi tubuhnya hanya 140 sentimeter. Dalam film itu Otong sempat disindir dan diolok-olok Benyamin sebagai artis ‘semampai’ alias semeter tak sampai.

Baca Juga:  Jessica Iskandar Cerai Rupanya Tidak Diketahui Raffi Ahmad

Meski bertubuh kuntet dan dijuluki ‘semampai’, tak membuatnya kecil hati, justru Otong dikenal sebagai komedian yang gigih untuk mengasah kemampuannya. Terbukti ia sempat mendapat peran dalam sebuah pementasan sandiwara yang diproduksi Teater Koma pimpinan N. Riantiarno untuk lakon Rumah Kertas tahun 1977 hingga Suksesi tahun 1990.

Pada tahun 1997, Otong juga sempat mendirikan grup Semekot alias Semeter Kotor bersama dua seniman asal Riau yang juga bertubuh sama seperti dirinya alias semampai. “Semekot itu dari bahasa prokem atau bahasa gaul yang artinya Semampai. Biar tubuh kami pendek-pendek. Tetapi kami tegaskan tidak akan menjual tubuh, kami menjual kemampuan yang terus kami asah,” kata Otong pada saat itu.

Baca Juga:  Konglomerat Cina Beli Perusahaan Film Hunger Games

Otong pernah menjuarai lomba lawak Radio Republik Indonesia (RRI) pada tahun 1981 dan sempat membintangi beberapa film seperti Acuh-acuh Sayang dan Bodoh-bodoh Mujur tahun 1981, lalu Hidung Belang Kena Batunya tahun 1982 dan tahun 1986 di film Memburu Makelar Mayat.

 

loading...