,

SBY Gelar Pelepasan Dirinya Usai Jadi Presiden

JAKARTA, HARIANACEH.co.id —¬†Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkukuh ingin menggelar upacara pelapasan dirinya usai Joko Widodo dilantik sebagai presiden pada 20/10/2014. Ia menyatakan telah menyiapkan upacara kenegaraan sebagai tuan rumah untuk menyambut Jokowi di Istana Merdeka.

“Setelah pelantikan di Majelis Permusyawarahan Rakyat, ada upacara pelepasan dan penyambutan oleh SBY,” kata juru bicara presiden Julian Aldrin Pasha di Istana Negara, Senin, 13/10/2014.

Upacara ini rencananya serupa dengan peringatan Hari Kemerdekaan setiap 17 Agustus yang melibatkan sekitar empat satuan kerja khusus dan petugas marching lengkap. SBY bahkan dikabarkan akan memimpin sebagai inspektur upacara.

Hal ini menjadi polemik karena usai pelantikan Jokowi, SBY sama sekali tak punya jabatan dan wewenang di kawasan Istana. Selain itu, Jokowi sendiri dikabarkan telah memiliki acara sendiri usai pelantikan yaitu pawai dari MPR menuju Istana.

Menurut Julian, SBY menyiapkan upacara militer untuk menyambut Jokowi. Upacara serupa akan mengantar SBY dan keluarga keluar melalui Istana Merdeka dengan kawalan Pasukan Pengaman Presiden Grup D.

Hal tersebut dikuatkan pernyataan Panglima TNI Jenderal Moeldoko soal kesiapkan acara penyambutan dan pelepasan tersebut. Ia menyatakan, dalam upacara militer, SBY dan Jokowi akan bergantian memimpin sebagai inspektur upacara.

Ia bahkan mengklaim sudah mengkomunikasikan dengan Jokowi soal acara tersebut. Ia juga mengklaim pada saat ini protokol sedang menyusun acara dan kelengkapan acara. “Konsepnya seperti serah terima jabatan panglima TNI,” kata Moeldoko.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, usai dilantik di MPR, Jokowi akan langsung menuju Istana Merdeka untuk bertemu SBY. Dalam pertemuan tersebut, SBY akan mengajak Jokowi berkeliling dan memperkenalkan tempat-tempat di kawasan Istana. Pertemuan ditutup dengan upacara sebagai bentuk baru transisi pemerintahan. “Setelah itu kalau Jokowi mau ketemu relawan silakan saja,” kata Djoko.

Acara garapan Istana tak sesuai dengan rencana Jokowi di hari pelantikannya. Usai di MPR, Jokowi dikabarkan akan diarak menuju pusat acara relawan di kawasan Monumen Nasional. Dengan demikian, acara Jokowi dengan relawan akan berlawanan dengan upacara yang dibuat oleh SBY.

 

loading...

Ini Dia Sejarah Asal Muasal Karate

Sakit Ginjal Penyebab Meninggalnya Otong Lenon