HARIANACEH.co.id — Peluang lulusan teknik mesin untuk bekerja di Indonesia sangatlah besar. Perlu kita ketahui bahwa data di tahun 2010 ada sekitar 700.000 mobil dan 6.000.000 motor diproduksi dan dijual di Indonesia. Itu berarti Indonesia sangat membutuhkan orang-orang teknik mesin untuk menjadi disainer produk, manufaktur, pengujian barang, dan lain sebagainya. Semakin banyak barang yang diminta, semakin banyak pula pekerja yang dibutuhkan, dan semakin besar peluang kerja untuk lulusan teknik mesin.

[-“J00UgCFsIke7V1O65ZjhqrrarYl7inC1”]Walaupun lapangan pekerjaan sangat besar tapi tentu kita tidak ingin menjadi seseorang yang hanya bekerja dibawah perintah orang lain. Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika kita membuat suatu wirausaha dimana kita menjadi owner-nya. Kita juga harus belajar mengenai proses suatu barang dibuat, market request, dan siklus industri.

Berikut adalah kalimat motivasi untuk para wirausahawan:

  1. Tidak ada cara terbaik tetapi ada cara yang lebih baik.
  2. Cara yang lebih baik bisa dicari.
  3. Kenapa seperti itu? Kenapa tidak seperti ini? Apa kelebihan dan kekurangannya?
  4. Pemikiran baru!
  5. Jangan menjadi buruh pikiran!
  6. Jadilah majikan pikiran!
  7. Kreasi dan inovasi nafkah.
Baca Juga:  Yudi Wibowo: Pihak Kepolisian Mengejar Pengakuan Jessica

Entrepreneurship adalah tindakan kreatif membangun suatu nilai dan sesuatu yang tidak ada. Entrepreneurship merupakan proses untuk memenangkan dan mewujudkan suatu peluang terlepas dari sumber yang ada serta membutuhkan keberanian untuk mengambil risiko yang telah diperhitungkan.

Peluang → Seorang Entreprener harus bisa menangkap peluang dari prespektif yang berbeda dengan orang lain dan mewujudkan sebagai value.

Value → Harus menciptakan kemakmuran melalui inkubasi gagasan.

  1. Keberanian menghadapi risiko.
  2. Kreatif mewujudkan peluang untuk membangun suatu nilai.
  3. Visi dan misi harus dibangun mulai dari sekarang!
  4. Kompetensi dan keterampilan.
  5. Jangan pernah puas apa yang kita hasilkan.
  6. (Bakat + Pengetahuan + Keterampilan) Ketekunan = Inovasi

Tanya: Apakah dalam berwirausaha bagi mahasiswa teknik mesin terbatas dijurusannya saja?

Jawab:  Usaha apapun boleh.

Tanya: Bagaimana cara menorehkan ide?

Jawab: Coba, coba, dan coba!

Tanya: Bagaimana langkah dalam membuka usaha?

Jawab: Jangan membatasi kemampuan. Yakin kalau market ada.

Tanya: Apakah dalam membuka usaha ada batas minimum modal? Lalu bagaimana cara mendapatkan modal?

Jawab: Modal ada dua, yaitu materi dan non-materi. Materi berupa uang, barang, dan lain sebagainya. Non-materi berupa semangat, keinginan, dan tekad. Jika usahanya bagus kita bisa mengajukannya pada bank ataupun pemodal lainnya. Maka kita bisa mendapatkan modal untuk usaha yang kita buat.

Baca Juga:  Susahnya Mencari Kerja di Negeri yang Kaya Ini

Tanya: Dalam perkuliahan kita dijejali oleh teori sedangkan dalam bekerja kita dituntut untuk praktik. Apakah keahlian atau kompetensi yang dibuthkan dalan bekerja?

Jawab: Kita harus bisa menyeimbangkan teori dengan praktik. Praktikkan di lapangan dengan teori yang sesuai.

Tanya: Bagaimana cara menghadapi kerugian dalam berwirausaha?

Jawab: Bebaskan pikiran kita! Jangan hinggapi dengan perasaan takut! Kita harus mempunyai ciri khas dalam usaha kita, kualitas harus diutamakan, agar memiliki daya saing.

Tulisan ini berdasarkan rangkuman dengan sedikit suntingan agar lebih mudah dimengerti. Secara keseluruhan, rangkuman ini memberikan suatu motivasi bagi seluruh mahasiswa teknik mesin. Usaha tidak harus dalam bidang mesin saja, misalnya otomotif. Kita bisa membuat usaha apapun sesuai yang kita inginkan dan membuat ilmu kita bermanfaat untuk usaha. Intinya, jangan takut akan kegagalan karena tanpa kegagalan kita tidak belajar dari suatu hal.

 

loading...