HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Perbatasan Bengkulu Bermunculan Titik Api

1

HARIANACEH.co.id – BMKG Stasiun Meteorologi Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu, mendeteksi titik api baru di perbatasan Bengkulu-Lampung, dan Bengkulu-Sumatera Selatan.

[-“4zPRDabLau3rI2690PBeQeYWBeX05Ixp”] Titik api baru ini mengakibatkan beberapa kabupaten di Bengkulu dikepung asap. Karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang menghimbau menggunakan dan membagikan masker kepada masyarakat.

“Asap tersebut berasal dari beberapa titik api baru di perbatasan Bengkulu, Lampung dan Sumsel yang kami temukan,” kata Prakirawan BMKG, Haris, pada Selasa 14 Oktober 2014. Ia menjelaskan, kabut asal dari hampir 100 titik ini masih normal untuk penerbangan.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, menyebutkan misi pemadaman api kebakaran hutan Sumatera akan dilakukan hingga November. Menurutnya misi ini memerlukan waktu yang cukup panjang, mengingat luasan kebakaran cukup besar, serta minimnya peralatan untuk melakukan pemadaman.

“Kami menargetkan pemadaman api di beberapa titik di Sumatera seperti Jambi, Sumatera Selatan, dan Riau dilakukan hingga November,” kata Syamsul usai membuka acara Bulan pengurangan risiko bencana nasional di Bengkulu, Senin 13 Oktober 2014.

Ia mengatakan, untuk melakukan pemadaman, BNPB hanya mengandalkan tiga unit pesawat. Padahal luasan kebakaran cukup besar, untuk itu pihaknya terpaksa menambah armada dengan menambah tiga pesawat dari Malaysia.

 

loading...