Reykjavik, HARIANACEH.co.id — Mantan pemain tim nasional Belanda, Ronald de Boer, mengatakan karier Guus Hiddink sebagai pelatih tim nasional Belanda telah tamat. Hal itu terjadi setelah Belanda dikalahkan Islandia dengan skor 0-2 dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Selasa dinihari, 14 Oktober 2014.

“Tentu saja dia punya rekam jejak yang sangat baik. Tapi, dengan segala hormat kepada Guus Hiddink, saya pikir dia seharusnya sudah selesai. Lagi pula usianya sudah 67 tahun,” kata De Boer seperti dikutip dari Sky Sports, Selasa, 14 Oktober 2014.

Ronald de Boer mengatakan kekalahan Belanda yang mengejutkan itu terjadi karena para pemain seperti bertanding tanpa petunjuk. “Hiddink seperti tidak menyiapkan rencana untuk pertandingan ini. Dia tidak menunjukkan kepada pemain ke mana mereka seharusnya berlari.”

Baca Juga:  Liverpool dan Dortmund akan Disanksi UEFA Karena Suporter Berulah

Tanpa strategi yang jelas, De Boer melanjutkan, para pemain Belanda seperti barisan prajurit bersenjata lengkap yang tak memiliki komandan. Walhasil, tak ada yang memberi mereka petunjuk bagaimana menghadapi strategi lawan.

Belanda, kata De Boer, masih memiliki peluang untuk berbenah. Ia menilai karier Guus Hiddink tak bakal berumur panjang. Sebab, sejak melatih timnas Belanda, Hiddink telah mengalami tiga kekalahan dari empat pertandingan pertamanya, termasuk dua kekalahan pada kualifikasi Piala Eropa.

Hasil itu membuat Belanda terpuruk ke posisi tiga klasemen Grup A kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan nilai 3, tertinggal 6 dari Republik Cek dan Islandia yang ada di atasnya. Artinya, Belanda bisa terancam tersingkir dari Piala Eropa 2016.

Baca Juga:  Kiat Sukses Moyes dalam Mengalahkan Barcelona

 

loading...