HARIANACEH.co.id — Memasuki pertempuran keempat di wilayah Kobane, militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) diperkirakan telah menguasai setengah wilayah kota Suriah yang berbatasan dengan Turki tersebut.

[-“TJkIJ1CRjshQu5tCNndLOfkUfMUG9mQu”]Kepada Reuters, Senin, 13 Oktober 2014, kelompok Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia menyebutkan bahwa ISIS telah menguasai 50 persen kota.

“Mereka kini menguasai pusat budaya yang menunjukkan bahwa mereka telah lebih jauh menguasai kota,” ujar Rami Abdulrahman, kepala organisasi pemantau yang berbasis di London tersebut.

Sebelumnya, pada 10 Oktober lalu, Rami menjabarkan bahwa ISIS sudah menguasai sepertiga Kobane. Ini berarti dalam empat hari terakhir kelompok militan pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi tersebut telah mencapai kemajuan yang signifikan.

Baca Juga:  Satu Orang Akibat Ledakan di Apartemen Rusia

“ISIS telah menguasai lebih dari sepertiga Kobane, yakni seluruh wilayah timur, dan sebagian kecil wilayah timur laut dan tenggara,” kata Rami.

Sementara desakan ISIS semakin meninggi, pada Senin, 13 Oktober 2014 pagi, setidaknya telah ada lima serangan udara pimpinan AS yang menargetkan militan ISIS, terutama di distrik selatan Kobane, Ayn al-Arab. Selusin pejuang ISIS dilaporkan tewas.

 

loading...