INTERNASIONAL

Pasukan Irak di Heet Dipukul Mundur ISIS

Bagdad, HARIANACEH.co.id — Tentara Irak ditarik mundur dari markas terakhirnya di Kota Heet, Provinsi Anbar, menyusul pertempuran sengit selama berminggu-minggu dengan kelompok bersenjata Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Keterangan tersebut disampaikan sumber keamanan sebagaimana dilansir Al Jazeera, Selasa, 14 Oktober 2014.

[-“uEHYD5MczFg5n133Fah4S4wnsWrlHIYe”]Kantor berita AFP dalam laporannya menyebut ratusan pasukan Irak ditarik keluar pangkalan dan direlokasi untuk membantu melindungi pangkalan angkatan udara Asad.

“Pemimpin militer kami mendesak untuk menghindari serangan ISIS. Mereka lebih baik meninggalkan pos dan didayagunakan untuk membantu mempertahankan pangkalan udara Asad,” kata seorang kolonel polisi yang enggan disebutkan disebutkan namanya, Senin, 13 Oktober 2014. “Heet saat ini 100 persen dikuasai ISIS.”

Asad, terletak di sebelah barat daya Heet, adalah salah satu kawasan yang masih dalam kontrol pasukan pemerintah. Lokasinya dikelilingi gurun pasir sehingga menyulitkan pejuang ISIS melakukan serangan.

Seorang pejabat Irak dan pejuang milisi Sunni mengatakan kepada kantor berita Reutersbahwa pejuang ISIS telah menyita tiga kendaraan lapis baja dan setidaknya lima tank. “Selanjutya mereka membakar kamp militer.”

 

TERPOPULER

To Top