HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jokowi-JK Diharapkan Hatta Raja Harus Mampu Bangun Demokrasi Tanpa Luka

2

JAKARTA, HARIANACEH.co.id — Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa berharap pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla membangun demokrasi tanpa luka, sehingga arah pembangunan politik bisa berjalan maju.

[-“XgRTQ0PTk7T4xo8QqzhOvR626U5z2bZf”]“Mari membangun demokrasi yang tidak timbulkan rasa luka, misalkan, sudah harus pikirkan bagaimana kampanye-kampanye negatif tidak terulang, apalagi fitnah, karena itu bukan budaya kita,” katanya di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Hatta mengatakan Jokowi-JK harus memikirkan secara serius hal itu, sehingga iklim demokrasi yang sudah berjalan dengan baik dapat terus berkembang.

Dalam kaitan itu menurut dia, peran pers sangat besar untuk membawa masyarakat Indonesia menjadi toleran dan tidak gampang marah.

“Ada hal yang perlu diberitakan dan tidak perlu diberitakan karena lebih besar kerugiannya. Itu bukan menutupi kejadian, namun untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Selain itu Hatta menilai, lembaga legislatif dan eksekutif harus menjalankan mekanisme “check and balances”, agar jalannya pemerintahan bisa berlangsung dengan baik.

Menurut dia, fungsi itu bisa dijalankan dengan mendukung program pemerintah yang pro-rakyat namun mengkritisi yang tidak menguntungkan rakyat.

“Legislatif dan eksekutif tidak berjarak, namun ada fungsi-fungsi yang berbeda dari keduanya yaitu “check and balances” yang berguna bagi bangsa,” ucapnya.

Menurut dia, Indonesia pernah mengalami masa tidak adanya mekanisme “check and balances” dan itu tidak baik bagi jalannya pemerintahan. Hatta menilai mekanisme itu dalam rangka mendukung program-program pro-rakyat dan mengkritisi yang tidak menguntungkan rakyat.

 

loading...