JAKARTA, HARIANACEH.co.id — Meski situasi politik tidak terlalu kondusif, investor asing dan dalam negeri tetap optimistis terhadap perekonomian Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

[-“DH8agQ74DLH8ttN8PLM60LHaulbxyOwi”]Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Arif Budisusilo mengatakan, pihaknya telah melakukan survei pada tanggal 18 Agustus-1 Oktober 2014, dengan melibatkan 200 responden pelaku bisnis. Hasil survei menunjukan 73% pebisnis percaya Jokowi-JK dapat mengatasi berbagai persoalan di tanah air.

“Hasil survei menunjukkan 73% pebisnis percaya Jokowi-JK dapat mengatasi berbagai persoalan di tanah air,” Arif di acara Publikasi Riset & Diskusi Ekspektasi Pebisnis terhadap Pemerintahan Baru di Gedung WTC Sudirman, Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Baca Juga:  Google Harus Bayar Pajak Sebesar Rp500 Miliar di Indonesia

Dari hasil survei tersebut, Arif menuturkan,  pebisnis yang masih optimistis tersebut, sebesar 23,5% menyatakan sangat yakin, dan 80% pengusaha percaya Jokowi-JK dapat menarik investasi asing ke Tanah Air.

“Tapi untuk memperbaiki iklim bisnis di Indonesia menjadi lebih baik ini syarat utamanya adalah perbaikan birokrasi dan perizinan. Lalu disusul dengan perbaikan dan keberadaan infrastruktur yang memadai, kepastian hukum, sampai keberanian menerapkan kebijakan penghapusan BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi,” ungkapnya.

Hasil survei lainnya adalah 43,2% pengusaha memperkirakan suku bunga acuan BI Rate masih stagnan dalam waktu dekat. Kemudian 78,5% responden percaya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami kenaikan, dan 39,9% pelaku bisnis berkeyakinan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan menguat kembali.

Baca Juga:  Rencana Penurunan Harga Gas, Saham PGN Merosot

 

loading...