NASIONAL

Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Dunia 192 Orang

HARIANACEH.co.id — Berdasarkan catatan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu yang dilansir dari laman Kementerian Agama, 192 anggota jemaah haji Indonesia meninggal dunia setelah melaksanakan puncak ibadah haji di Armina pada Rabu, 15 Oktober 2014.

[-“rm09UJ8JRNn4xjH2LM0I2J0Qg8Ttfpkq”]Adapun anggota jemaah haji yang meninggal itu berasal dari 14 embarkasi, yakni Batam, sebanyak 12 orang, Medan (11), Padang (7), Banda Aceh (5), Palembang (7), Pondok Gede (14), Bekasi (32), Solo (35), Surabaya (38), Banjarmasin (2), Balikpapan (3), Makassar (10), Lombok (4), dan jemaah haji khusus (12).

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan penyebab anggota jemaah haji meninggal yakni penyakit bawaan dan faktor kelelahan. “Berdasarkan catatan petugas kesehatan di sana,” kata Ali, 5 Oktober lalu.

Ali menuturkan petugas Kementerian Kesehatan melansir rata-rata anggota jemaah yang meninggal berusia 60 ke atas.

Adapun Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah Lucky Tjahjono mengatakan 255 anggota jemaah masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi dan Balai Pengobatan Haji Indonesia. Menurut Lucky, bila kondisinya sudah membaik, mereka bisa dipulangkan dengan ikut kloter selanjutnya.

 

TERPOPULER

To Top