CALIFORNIA, HARIANACEH.co.id — Karyawan perempuan di Facebook tidak perlu takut lagi untuk memilih karir atau keinginan untuk berkeluarga dan mempunyai anak. Kini, perusahaan teknologi terbesar di dunia sudah bersedia menanggung biaya pembekuan sel telur karyawan perempuan dan pasangannya.

[-“JZzYIUW4FgHuHIbRja9KtGbA7AfcxPqu”]Program ini sebenarnya sudah dilakukan Facebook sejak Januari lalu. Kini, Apple juga akan menawarkan hal yang sama kepada karyawan perempuan  mulai tahun depan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membekukan sel telur diperkirakan 10.000 dolar Amerika atau sekitar Rp120 juta. Masih ada biaya tambahan sekitar 500 dolar Amerika per tahun untuk perawatan di tempat penyimpanan.

Baca Juga:  Pelemahan USD Naikkan Harga Emas Dunia

Facebook dan Apple sudah menganggarkan dana 20 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp240 juta untuk setiap karyawan perempuan yang ingin membekukan sel telurnya. Program ini merupakan bagian dari program kesehatan untuk kesuburan.

Semakin cepat perempuan melakukan pembekuan sel telurnya maka maka semakin besar dia menghasilkan sel telur yang subur. Karena itu, karyawan perempuan di bawah usia 30 tahun mempunyai peluang besar untuk hamil dengan cara pembekuan sel telur ini. Pembekuan sel telur diyakini bisa menjadi solusi bagi karyawan perempuan yang ingin mengejar karir terlebih dahulu dan ingin menunda kehamilan.

Di Sillicon Valley – tempat yang menjadi pusat perusahaan teknologi besar di Amerika – karyawan perempuan mempuyai peranan besar dalam operasional perusahaan. Itulah yang membuat sebagian besar karyawan perempuan memilih untuk mendedikasikan waktunya untuk karir terlebih dahulu.

Baca Juga:  Bank Dunia Siapkan Dana Rp2,3 Triliun Untuk Atasi Wabah Ebola

Salah satu penyebab terjadinya kesenjangan gaji antara karyawan laki-laki dan perempuan di Amerika antara lain karena perempuan kerap mengambil cuti untuk membesarkan anaknya. Karena itu, Facebook dan Apple memberikan kesempatan kepada karyawan perempuan untuk mempunyai banyak pilihan dalam perencanaan untuk keluarga tanpa menghilangkan kesempatan untuk naik jabatan.

 

loading...