HELSINKI, HARIANACEH.co.id — Perdana Menteri Finlandia Alexander Stubb menyalahkan Steve Jobs (pendiri Apple-red) sebagai penyebab hancurnya perekonomian negara itu. Dua produk Apple yaitu iPhone dan iPad dinilai sebagai penyebab amburknya dua industri besar di Finlandia.

[-“HetRBoHr9ThDNB8hbLm2VW9RRttKZOHa”]Minggu lalu, lembaga pemerinngkat utang Standard & Poor telah menurunkan peringkat utang Finlandia dari AAA menjadi AA+. Prospek itu terkait melambatnya perekonomian Finlandia.

“Penurunan itu merefleksikan pandangan tentang risiko perekonomian Finlandia yang bisa mengalami stagnansi. Risiko ini bisa terus memicu pelemahan ekonomi apabila permintaan global terhadap produk Finnlandia terus turun,” kata Stubb.

Dalam wawancara dengan CNBC, Stubb menyalahkan iPhone dan iPad yang telah ‘membunuh’ industri telepon genggam dan juga kertas di Finlandia.
“iPhone telah membunuh Nokia dan iPad membunuh industri keras, tetapi saya yakin kami akan bangkit,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Total Kas Negara yang Dihabiskan Presiden Jokowi untuk Lebaran

Pernyataan Stubb itu terkait dengan peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 plus di 36 negara di Eropa, Asia, Timur Tengah, Amerika Latin dan Afrika pada akhir bulan ini.

“Kami mempunyai dua juara yang sudah jatuh yaitu Nokia dan juga industri kertas,” ujarnya.

Sebelum kehadiran Apple, Finlandia menguasai pasar telepon genggam melalui merek Nokia. Namunm kehadiran smartphone produksi Samsung dan Apple membuat Nokia semakin tertinggal jauh dari pesaingnya itu.

 

loading...