HARIANACEH.co.id — Kemunculan uban sering dikaitkan dengan usia yang bertambah tua. Sekalipun begitu, orang yang sudah berumur dan pantas memiliki uban kadang masih banyak juga yang gelisah jika berhadapan dengan penanda usia satu ini. Kebayang kan jika uban malah muncul pada rambut mudamu jauh sebelum waktunya? Nah, biar kamu bisa menghindari biang keladi penyebabnya, cek deh beberapa kebiasaan yang bikin uban cepat muncul ini:

Membiarkan Stres Tanpa Solusi

[-“0qxRCRWu4k8VhOumXQnVCTzVRSe2vi7n”]Stres tidak boleh dibiarkan dan harus segera diatasi. Sekalipun kamu merasa sehat dan oke, pikiran tetap tidak dapat dibohongi. Sayangnya, masih banyak orang yang punya kebiasaan Buruk tidak menyelesaikan pemicu stresnya, yang terbilang kecil sekalipun hingga tuntas. Padahal, stres akan menghambat kerja sel melanosit yang menghasilkan pigmen pewarna rambut alami, yaitu melanin. Stres juga bisa menguras cadangan vitamin B12 yang berfungsi menghalau uban.

Baca Juga:  Membaca Jejak Bencana di Museum Tsunami Aceh

Tidak Bisa Mengatur Waktu

Ilustrasi.(affinitywellness.com.au)

Mengatur waktu yang baik sehingga tahu kapan waktunya tidur, bekerja, atau pun melakukan aktivitas lainnya merupakan suatu kebisaan yang nantinya akan berubah menjadi kebiasaan. Jika kamu sulit mengatur waktu tersebut, maka akan lebih mudah bagimu menjalani kebiasaan tidak sehat yang akhirnya berakibat stres. Akibatnya, uban bisa cepat muncul.

Tidak Mementingkan Waktu Makan

Ilustrasi.(aztama.com)

Waktu makan merupakan saat yang penting bagi siapa saja. Makan tidak teratur dan juga telat makan merupakan kebiasaan yang nantinya bisa merusak lambung. Jika sudah begitu, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah munculnya uban tidak bisa bekerja. Apalagi hal ini sering diperparah dengan kurangnya konsumsi vitamin B12 yang berfungsi mencegah munculnya uban.

Baca Juga:  Kenapa Gerak Harus Banyak Dilakukan oleh Penderita Psikosis?

Merokok

Ilustrasi.(Joule Satriani)

Sebuah riset yang dilakukan di New York menyatakan bahwa merokok dapat mempercepat pertumbuhan uban 4 kali lebih dini dibanding bukan perokok. Penyebabnya terjadi akibat radikal bebas yang terproduksi ketika merokok, juga kemampuan rokok menghambat jalannya aliran darah untuk menyuplai zat-zat gizi yang diperlukan tubuh.

Gonta-Ganti Warna Rambut

Ilustrasi.(deviantart.net)

Kebiasaan yang satu ini bisa memperparah serta mempercepat munculnya uban. Zat kimia yang terkandung di dalamnya akan lebih mudah menyerap ke dalam pori-pori kulit kepala, dan juga memengaruhi kesehatan pigmen rambut sehingga mempercepat munculnya uban.

Oleh karena itu, lebih sayangi dirimu dengan menghindari beberapa kebiasaan tadi. Agar rambutmu sehat, dan uban tidak muncul sebelum waktunya!

 

loading...