, ,

Berlebihan Mengonsumsi Vitamin Akan Mengakibatkan Seperti Ini

HARIANACEH.co.id — Kita tahu kalau vitamin itu penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Pasokan nutrisi yang tepat memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, tetapi semua itu ada takaran yang tepat. Karena jika berlebihan justru bisa membahayakan tubuh.

[-“jnDbSm6sxyRA9VCPPXnsJ9sCGnW1gd2S”]Secara umum vitamin bisa dibedakan menjadi vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak disimpan dalam jaringan lemak tubuh dan relatif lebih mudah disimpan ketimbang  vitamin larut air.  Sedangkan vitamin yang larut dalam air dikeluarkan dari tubuh melalui air kencing. Dalam jangka waktu tertentu vitamin ini digantikan oleh vitamin yang larut lemak.

Sebenarnya tak ada vitamin tertentu yang membahayakan tubuh, kecuali jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Jadi penting, untuk menghitung vitamin yang Anda asup. Jika memahami bagaimana tubuh bekerja, Anda akan menyadari bahwa tubuh hanya membutuhkan sejumlah kecil semua vitamin.

Dan berikut vitamin yang dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C secara berelebihan dapat memicu mual, diare, batu ginjal dan kram perut. Ini adalah masalah umum yang Anda hadapi ketika Anda mengkonsumsi terlalu banyak zinc juga.

Vitamin B

Tubuh membutuhkan sejumlah tertentu vitamin B, untuk menjaga metabolisme tubuh. Tetapi mengonsumsinya lebih dari jumlah yang dibutuhkan memicu gangguan saraf. Sekalipun vitamin B larut dalam air.

Vitamin A dan D

Dua vitamin ini masuk golongan vitamin larut dalam lemak, sehingga jika berelebihan akan disimpan dalam tubuh. Tingginya kadar vitamin A dapat menyebabkan cacat lahir. Vitamin D juga tergolong kontroversial dan tidak dapat ditoleransi pada tingkat tinggi dalam tubuh.

Vitamin E dan K

Vitamin E dan juga larut dalam lemak. Vitamin E diambil dalam jumlah tinggi dapat memicu pendarahan. Vitamin K, bila dikonsumsi dalam kadar tinggi, dapat mengurangi atau membalikkan proses obat pengencer darah. Ini akan, pada gilirannya, mencegah pembekuan darah secara normal.

Makanan dan suplemen

Orang sering mengonsumsi suplemen atau makanan yang diperkaya vitamin, sebagai nutrisi tambahan. Tapi ingat mengonsusmi suplemen secara berlebihan bisa membahayakan tubuh, karena akan mengakibatkan penumpukan racun di dalam tubuh.

 

loading...

Nagita Slavina Sulit Berkata-kata karena Dibanjiri Air Mata

Megawati Terima Undangan dari Pimpinan MPR