HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Dia 10 Film Horor Yang Sangat Menyeramkan Sepanjang Masa

2

HARIANACEH.co.id – Genre horor memiliki tempat tersendiri bagi para penggemar film. Alur cerita yang penuh misteri, ditunjang dengan unsur seram mendebarkan, membuat film horor selalu laris di pasaran.

[-“eenSJ4piz1GiqOQb8Agwg388b1hYqlcU”]Di Indonesia, film horor selalu mendapat respons baik di kalangan penikmat film. “Anabelle,” “The Conjuring,” “Insidious,” atau film horor lokal seperti “Jalangkung” dan “Pocong 2” merupakan contoh film yang kebanjiran penonton.

Dari ratusan judul film horor, ada 10 film yang digemari masyarakat dunia. Rolling Stone merilisnya untuk Anda.

10. Poltergeist

Film horor arahan sutradara Tobe Hooper ini berasal dari tahun 1982. Mengisahkan sebuah rumah keluarga bahagia yang tiba-tiba dikunjungi hantu. Awalnya, hantu itu seolah-olah bersahabat. Sampai suatu saat, dia melakukan teror dan menculik anak dari keluarga itu. Anehnya, mereka hanya bisa berkomunikasi dengan sang anak melalui televisi.

9. The Thing

http://www.youtube.com/watch?v=F7t-919Ec9U

Film arahan sutradara John Carpenter ini ini dirilis pada 1982. Alur ceritanya membuat penonton larut dalam rasa penasaran mengikuti kisah ilmuwan yang melakukan penelitian di Antartika. Ilmuwan itu diganggu oleh makhluk yang dipercaya sebagai alien.

8. Night of the Living Dead

Film ini merupakan salah satu horor klasik yang dirilis pada 1968. Jauh sebelum “The Walking Dead,” “28 Days Later,” dan kisah zombie lainnya yang tidak terhitung, “Night of the Living Dead” adalah pelopornya. Film arahan George Romero ini menceritakan serangan zombie di sebuah ladang Pennsylvania, Amerika Serikat. Film ini pada masanya menjadi kontroversi karena menampilkan adegan kekerasan. Pasalnya, pada zaman itu belum ada lembaga pengkategorian film, sehingga anak-anak leluasa menonton. Romero lantas membuat beberapa sekuel dari kisah ini, tetapi tetap “Night of the Living Dead” yang dianggap sebagai masterpiece Romero.

7. The Haunting

Film ini persis acara uji nyali di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Alkisah, berbagai kelompok dipaksa untuk bermalam di sebuah rumah tua berhantu. Film ini menuai sukses di bioskop pada 1963. “The Haunting” diangkat dari novel karya Shirley Jackson yang berjudul “The Haunting of Hill House” yang dirilis pada 1959.

Kesuksesan “The Haunting” membuat para pembuat film lain tertarik untuk menggarap ulang, termasuk Stephen King dan Steven Spielberg. King dan Spielberg sempat dikabarkan menggarap ulang film ini pada dekade 90-an, tetapi proyek itu tidak pernah selesai.

Baru pada 1999 “The Haunting” versi anyar dirilis dengan melibatkan pemeran tenar seperti Catherine Zeta-Jones, Liam Neeson, dan Owen Wilson. Adalah Jan de Bont sutradara yang menggarap ulang film ini.

6. Alien

Film ini seolah melompat dari zamannya. Bercerita tentang masa depan di mana sekelompok astronot terjebak di luar angkasa dan harus berhadapan dengan alien ganas. Disutradarai Ridley Scott, “Alien” sukses besar di pasaran dengan meraup lebih dari USD200 juta.

5. Texas Chainsaw Massacre

Film ini cukup mencengangkan para pelaku industri film. Pasalnya dengan biaya produksi kurang dari USD300 ribu, film ini mampu membuat penonton merasakan pengalaman tak terlupakan dengan adegan-adegan ngeri dan penuh kekerasan. Film dibuka dengan sebuah kalimat “Tragedi yang menimpa kelompok dengan lima pemuda.” Lantas penonton diajak mengikuti cerita tentang pria penjagal yang sadis dengan senjata gergaji mesin.

4. Halloween

http://www.youtube.com/watch?v=rgL9FFVhKQs

Film arahan sutradara John Carpenter ini dirilis pada 1978. Kesuksesan film tersebut membuat banyak pelaku industri film menggarap ulang. Dengan modal USD325 ribu, “Halloween” mampu meraup USD47 juta. Sebuah keuntungan yang luar biasa. Film ini mengisahkan pembunuhan di malam Halloween pada 1963. Pembunuhan itu tetap menjadi misteri hingga diketahui bahwa seorang psikopat bertopeng adalah pelakunya.

3. Psycho

Nama besar sutradara Alfred Hitchcock pada dekade 60-an tidak lantas membuat rumah produksi Paramount mengabulkan permintaannya menggarap film “Psycho.” Dengan penuh keyakinan akan kisah yang diusungnya, Hitchcock tetap menggarap film ini dengan biaya murah dan kru yang diambil dari acara televisi.

Film ini penuh adegan mengejutkan, membuat para penonton selalu terbayang akan kisahnya. Kemudian, film ini memiliki tiga sekuel dan sempat digarap ulang. Tetapi “Psycho” versi original tetap memiliki tempat tersendiri di kalangan penggemar horor.

2. The Shining

Film arahan sutradara Stanley Kubrick ini berkisah tentang Jack Torrance, penjaga hotel mewah yang letaknya jauh dan terpencil. Jack menerima pekerjaan ini karena sedang butuh ketenangan untuk menggali inspirasi membuat novel. Kejanggalan demi kejanggalan mulai terjadi di hotel itu. Terlebih setelah Jack membawa anaknya yang terlahir sebagai seorang indigo. Film ini dibuat dengan biaya USD19 juta dan menuai pendapatan USD44 juta.

1. The Exorcist

Film horor lawas dari tahun 1973 ini ternyata masih menjadi favorit penggemar film horor. Kisah pengusiran setan dalam film ini diangkat dari novel karya William Peter Blatty dengan judul sama. Uniknya, novel yang ditulis Blatty diadaptasi dari kisah nyata yang dialami Roland Doe yang harus berjibaku dengan setan yang merasuki putrinya yang berusia 12 tahun.

“The Exorcist” berhasil meraup pendapatan USD441 juta. Padahal, biaya produksi film hanya USD12 juta. Tidak heran kesuksesan film ini memicu munculnya film serupa.

 

loading...