HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pelaku di Balik Aksi FPI, Belum Ditemukan Polisi

2

JAKARTA, HARIANACEH.co.id – Kepolisian Daerah Metro Jaya sudah menyerahkan berkas perkara para tersangka unjuk rasa anarkis Front Pembela Islam ke Kejaksaan Tinggi DKI. Namun, belum ada informasi sejauh mana berkas tersebut sudah diproses.

[-“Q0Ef7A693JN1Z2GzxTLYj18zQUOZWFTF”]”Belum ada informasi soal berkas yang sudah dilimpahkan itu,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto kepada Tempo, Kamis 16 Oktober 2014. kepolisian telah menyerahkan berkas perkara itu ke Kejati DKI pada Selasa lalu.

Rikwanto mengatakan ada empat berkas perkara yang diserahkan ke Kejati DKI terkait kasus tersebut. Rinciannya adalah berkas untuk dua orang koordinator lapangan, demonstran di bawah umur dan demonstran dewasa. Sementara itu, terkait penyelidikan terhadap pihak yang mendorong dan mendanai aksi tersebut, Rikwanto mengatakan masih dalam proses penyelidikan. “Belum diketahui,” ujarnya.

Insiden anarkis FPI di Gedung DPRD DKI terjadi pada Jumat 3 Oktober 2014. Polda Metro Jaya telah menetapkan sebanyak 22 tersangka dari FPI. Dua di antaranya adalah orang yang bertindak sebagai koordinator lapangan, yaitu Novel Bamukmin dan Shahabuddin Anggawi. Empat di antaranya diketahui masih di bawah umur. Tersangka Novel sempat menjadi buron sampai akhirnya menyerahkan diri.

Rikwanto mengatakan semua tersangka sudah ditahan sejak ditetapkan menjadi tersangka. Namun, Novel dan Shahab belum diperiksa lagi sebagai tersangka sejak ditetapkan.

Pihak Kejaksaan Tinggi DKI mengkonfirmasikan mengenai berkas tersebut. Kepala Seksi Penerangan Hukum Waluyo mengatakan pihaknya sudah menerima berkas tersebut. “Kami terima tanggal 14 Oktober lalu,” ujarnya.

 

loading...