GAYA HIDUP

Anak Seharus Lebih Ideal Jika Makan 5 Kali Sehari

HARIANACEH.co.id — Selama ini kita selalu beranggapan bahwa pola makan idealnya adalah tiga kali sehari. Padahal untuk usia anak-anak, justru dianjurkan makan lima kali dalam sehari.

[-“1B92eVdYUtCldQQPpYqWzbPPFTbdQHm1”]Hal ini disampaikan dokter Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, konsultan tumbuh kembang FKUI-RSCM dalam seminar media “Manajemen Tumbuh Kembang Anak”, Kamis (16/10/2014) di Jakarta.

Menurutnya, anak dalam masa tumbuh kembangnya harus mendapatkan nutrisi yang tepat dan stimulasi yang baik untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan dikenalkan pola makan lima kali sehari, yakni tiga kali makan utama dan dua kali makanan selingan, anak akan terbiasa untuk makan teratur dan tercukupi asupan nutrisinya sebagai modal di masa tumbuh kembangnya.

“Memberikan makan pada anak bukan hanya memberikan nutrisi, tapi juga untuk membiasakan anak dengan pola makan teratur dan mengenalkannya pada berbagai rasa makanan,” ujar Bernie.

Tak hanya pola makan yang harus diberikan lima kali sehari pada anak, orangtua juga harus membatasi waktu makan anak. Menurutnya, waktu maksimal anak untuk menghabiskan makanannya adalah 30 menit. Hal ini dilakukan agar anak mengetahui waktu efektif untuk menghabiskan makanannya.

“Kalau tidak dibatasi, anak akan kehilangan fokusnya untuk makan dengan menonton tv terlebih dahulu, atau jadi keasyikan bermain. Lama-lama ini bisa menyebabkan malnutrisi pada anak,” tambahnya.

Meski demikian sang ibu tak perlu terlalu keras memperlakukan aturan ini pada si kecil. Lakukan dengan lemah lembut agar anak bisa menyerap stimulasi positif yang diberikan sang ibu untuk dilakukannya.

 

TERPOPULER

To Top