HARIANACEH.co.id — Menerima panggilan kerja untuk posisi yang anda inginkan memang sebuah hal yang menyenangkan. Alih-alih bahagia mendapatkan kabar baik, hati-hati anda terjebak pada sejumlah kesalahan yang dilakukan saat wawancara kerja.

[-“XKxVCymqA9NYr5B0P7xJSMcPePGC9k9j”]Sayangnya tanpa disadari, ada enam kesalahan yang mungkin saja bisa anda lakukan saat sedang berhadapan dengan bagian perekrutan. Blodsky memperingatkan anda untuk waspada terhadap enam kesalahan yang dilakukan saat wawancara kerja.

Tidak Tepat Waktu

Datang telat ke tempat wawancara kerja hanya memberikan kesan pertama yang kurang baik dan menandakan jika anda kurang profesional. Usahakan untuk menyisihkan waktu dengan berangkat lebih awal, atau jika memang anda akan tiba terlambat pastikan perusahaan telah mengetahui hal tersebut.

Negosiasi Gaji dan Tunjangan

Saat wawancara diskusikan berapa besar gaji dan tunjangan apa saja yang akan anda terima jika terpilih sebagai salah satu karyawan di perusahaan tersebut. Jangan sungkan untuk mengajukan penawaran, pastikan anda telah mengetahui hak apa saja yang akan didapatkan sebelum memulai bekerja.

Baca Juga:  Warga Taiwan Pengedar Sabu Ditangkap Polisi

Menerima Panggilan Telepon

Ini merupakan salah satu kesalahn fatal yang kerap terjadi. Anda harus berusaha menunjukkan jika saat itu tidak ada hal yang lebih penting selain sesi wawancara yang tengah anda lalui. Pastikan sebelumnya anda telah mematikan ponsel atau jika memang lupa melakukan hal tersebut izin sebentar keluar ruangan untuk mematikan ponsel.

Membicarakan Hal Negatif Tentang Perusahaan Sebelumnya

Seberapa buruknya perusahaan anda yang lama, sebaiknya jangan pernah membahasnya saat sesi wawancara. Hal ini hanya akan memberikan kesan jika anda akan melakukan hal yang sama nantinya jika kemudia meninggalkan perusahaan baru tempat anda berkarya. Jika memang ingin membicarakan perusahaan lama, sebaiknya anda hanya membahas hal-hal baiknya saja.

Baca Juga:  Di DPR, Perpu Pilkada SBY Dipastikan Akan Mental

Banyak Bicara atau Sedikit Berbicara

Pastikan anda tidak mendominasi pembicaraan saat sesi wawancara. Cobalah untuk mengimbangi porsi pembicaraan antara anda dan pewawancara. Anda juga jangan terlalu banyak diam dan pasif saat wawancara, karena pewawancara justru akan menganggap anda tidak tertarik dengan kesempatan kerja di perusahaan mereka.

Berpakaian Sepantasnya

Pastikan anda mengenakan pakaian secara formal dan sesuai dengan standar perusahaan. Informasi mengenai budaya perusahaan dapat anda lakukan sebelumnya melalui situs resmi atau akun sosial media profesional dan testimoni para karyawan. Usahakan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna ‘menyala’, pakailah pakaian dalam warna yang teduh dan sejuk. Cara berbusana merupakan salah satu penilaian pantas tidaknya anda untuk menempati posisi yang dibutuhkan perusahaan.

loading...