HARIANACEH.co.id — Perut kembung seringkali diartikan banyaknya udara atau angin yang terjebak di dalam perut, baik di lambung maupun usus. Berdasarkan ilmu akupresur, kembung disebabkan fungsi lambung dan limpa yang mengalami gangguan.

[-“dN2BX0q9F45Ag1jyH73qobPYRNsaK8OA”]

Berikut tips mengatasi perut kembung:

  1. Mengubah pola makan dan gaya hidup. Konsumsilah makan yang mudah dicerna tubuh seperti jeruk, kentang, beras dan anggur. Hindari makanan dengan kandungan gas tinggi.
  2. Kenali makanan sebelum dikonsumsi untuk mencegah gejala perut kembung makin memburuk.
  3. Usahakan makan 6 kali sehari dengan porsi kecil-dengan porsi setara makan 3 kali sehari. Cara ini mampu menekan produksi gas di dalam tubuh.
Baca Juga:  Kenali Kanker Nesofaring Serta Gejalanya

Cara mengatasi perut kembung juga bisa dilakukan dengan herbal tradisional. Berikut bahan alami yang mujarab mengusir perut kembung:

  1. Jahe. Siapkan 3 potongan jahe lalu cuci hingga bersih. Keprek jahe lalu seduh dengan air panas. Untuk mengurangi ketajaman rasa, bisa ditambahkan sedikit gula. Minum dalam keadaan hangat.
  2. Jeruk Nipis. Peras jeruk nipis, lalu ambil sarinya. Campur perasan jeruk nipis dengan minyak telon lalu balurkan ke perut. Lakukan hingga beberapa kali.
  3. Bawang merah. Parut bawang merah secukupnya lalu campurkan dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Tempelkan campuran tadi di bagian pusar.

 

loading...