HARIANACEH.co.id —¬†Buang jauh kegelisahan yang Anda rasakan. Caranya tak sulit terlalu sulit kok, yakni mengubah cara berjalan Anda. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan tim dari Kanada menyebut dengan sedikit perubahan pada gaya berjalan, maka seseorang merasa lebih bahagia.

[-“szKYz9pQOFJ3C7aXAzt6s8v5C8ns0mVq”]Duh kok bisa ya? Para peneliti itu menjelaskan, dalam penelitian ini mereka menegleompokan sejumlah orang dalam dua kelompok yang berbeda.

Kelompok pertana diminta berjalan dengan gaya sedih atau lunglai, dengan bahu yang jatuh dan postur merosot, serta lengan diayun sekenanya. sedangkan kelompok kedua diminta berjalan dengan gaya bahagia yang lebih bersemangat, dengan badan tegak dan lengan yang terayun penuh semangat.

Baca Juga:  Cara Mengeluarkan Efek Negatif dari Makanan Cepat Saji

Setelah dilakukan tes memori, pejalan kaki dengan gaya sedih lebih banyak mengingat kata-kata lebih negatif. Sebaliknya mereka yang melangkah dengan gaya bahagia, lebih berpikir positif.

“Bias memori ini penting karena memainkan peran besar dalam membangun dan memelihara kondisi depresi,” jelas Nikolaus Troje, Ph.D yangmenulis laporan peneitilian itu.

Orang yang depresi, lanjutnya, cenderung mengingat peristiwa negatif dan lebih fokus pada hal-hal yang dapat menciptakan suasana hati yang buruk.  Para peneliti percaya bahwa perubahan postur atau pola pergerakan benar-benar dapat mempengaruhi cara seseorang memroses informasi yang diterimanya.

“Jadi jika Anda sedang mencari cara cepat untuk mengangkat semangat, berjalanlah dengan senang hati dan Anda akan merasa lebih baik,” kata Troje.

Baca Juga:  Penelitian: Orang Lucu itu Cerdas

 

loading...