HARIANACEH.co.id — Air Conditioner atau yang sering kita sebut AC merupakan pendingin ruangan yang sangat efektif memanipulasi suhu ruangan terlebih pada daerah-daerah tropis dan bersuhu tinggi.

[-“OjKez3u1SceMEi2bR941w0EEPGwIkNUw”]Namun, dibalik manfaatnya untuk menurunkan suhu ruangan, AC menyimpan dampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja? Berikut beberapa efek buruk AC bagi kesehatan.

1. Sakit kepala

AC sentral yang biasa terpajang di ruangan kantor menyebabkan suhu ruangan yang begitu dingin. Hal ini bisa mengakibatkan sakit kepala. Orang-orang yang terpapar AC secara terus menerus lebih rentan terkena flu, batuk, pilek, dan masuk angin.

2. Kulit kering

Seperti kita tahu, AC menyerap kelembapan udara sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Jangan lupa untuk menggunakan lotion dan minum air putih yang cukup untuk mengurangi kekeringan pada kulit akibat terpapar AC.

Baca Juga:  Ingin Berhenti Cegukan, Gunakan Cara Terbaik Ini

3. Sulit menyesuaikan diri dengan suhu tinggi

Orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC memiliki toleransi yang lebih rendah terhadap panas. Ini terjadi ketika tubuh kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan suhu tinggi setelah menghabiskan waktu lama di suhu yang lebih rendah.

4. Masalah pernapasan

AC jika tidak sering dibersihkan, tidak hanya mengumpulkan debu, tapi juga jamur yang kemudian dapat menyebar ke sekitar ruangan. Hal ini tentunya bisa mengganggu sistem pernapasan Anda. AC dengan sirkulasi yang buruk juga bisa menjadi penyebar virus penyakit ke banyak orang yang menghirupnya secara bersamaan.

5. Penyakit kronis

Jika Anda menderita penyakit kronis, sebaiknya kurangi intensitas terpapar suhu ruangan yang rendah akibat AC. Sebab suhu yang terlalu rendah justru bisa memperparah kondisi kesehatan Anda, seperti tekanan darah rendah dan arthritis.

Baca Juga:  Walaupun Berat, Beberapa Makanan ini Ternyata Sehat untuk Sarapan

6. Polusi suara

Mesin AC yang kurang perawatan bisa menimbulkan suara bising yang mengganggu telinga. Kebisingan yang dihasilkan dapat membentuk semacam polusi suara yang dapat menurunkan produktivitas dan kenyamanan Anda di dalam ruangan.

7. Masalah mata

Udara dingin tidak hanya mengakibatkan kulit kering tapi juga mata. Suhu AC yang dingin bisa menyebabkan iritasi, gatal, mata memerah, dan gangguan lainnya. Terlebih bagi Anda yang menggunakan lensa kontak. AC juga dapat memperburuk masalah mata, seperti konjungtivitis (radang selaput mata) dan blepharitis (kelopak mata bengkak).

 

loading...