HARIANACEH.co.id — Siapa kiper paling hebat di liga Premir Inggris hingga memasuki minggu ke-10? Apabila anda menjawab Thibaut Courtois (Chelsea), David De Gea (Manchester United), Joe Hart (Manchester City) atau Sczezny (Arsenal), maka jawaban anda salah.

[-“rfazwW8GPfhveEzQ7ZhtjShrOKfncALI”]Berdasarkan statistik, kiper yang paling hebat di liga Premir Inggris hingga pekan ke-10 adalah Fraser Forster, palang pintu Southampton. Kiper asal Inggris itu hanya kebobolan lima gol dalam 10 pertandingan dan membuat Southampton sebagai klub dengan pertahanan terbaik di liga Inggris.

Dia menjadi satu-satunya kiper yang jumlah kebobolannya masih di bawah 10. Courtois dan Joe Hart sudah kebobolan 10 kali dalam 10 pertandingan. Sceszny dan De Gea juga sudah kemasukan 11 dan 14 gol. Karena itu, Forster layak dinobatkan sebagai kiper paling hebat di liga Premir Inggris hingga pekan ke-10. Siapakah Forster?

Baca Juga:  Mandzukic Keluar dari Bayern Munich Usai Piala Dunia 2014

Southampton merekrut Forster dari Glasgow Celtic dengan nilai transfer 10 juta poundsterling. Dia menjadi pemain yang diincar manajer baru Southampton, Ronald Koeman.  Forster sebenarnya pernah merasakan tampil di liga Premir Inggris bersama Newcastle United sebelum dilepas ke Celtic pada 2010.

Di Celtic, Forster memperlihatkan kehebatannya dalam menghalau serangan lawan. Itulah yang membuat pelatih timns Inggris Roy Hodgson memasukkan nama Forster dalam skuad The Three Lions di Piala Dunia 2014.

Pemain 26 tahun itu resmi direkrut Southampton ketika klub dengan julukan The Saints itu kalah 0-1 dari Bayer Leverkusen pada pertandingan persahabatan terakhir sebelum dimulainya liga Premir Inggris musim 2014/15.

Kehadiran Forster membuat posisi Artur Boruc yang sebelumnya menjadi kiper nomor satu The Saints tergusur. Koeman memang tidak salah dalam memilih Forster sebagai kiper nomor satu. Di liga Skotlandia, Forster mencatat sejarah ketika gawangnya tidak kebobolan selama 1.256 menit.

Baca Juga:  Wenger Mulai Panik Kehilangan Poin Dipremier League

Dia menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang kiper Aberdeen Boby Clark pada 1971. Di liga Premir Inggris, Forster membuktikan ketangguhannya menjaga gawang. Hingga pertandingan ke-10, hanya ada lima pemain yang bisa membobol gawangnya.

Mereka adalah Raheem Sterling dan Daniel Sturridge (Liverpool), Mark Noble (West Ham United), Charlie Austin (QPR) dan Christian Eriksen (Hotspur). Sejak dibobol Eriksen, Forster mampu menjaga gawangnya tetap ‘perawan’ selama 320 menit.

Ketangguhan Forster di bawah mistar gawang membuat Southampton bertengger di posisi dua klasemen sementara dengan nilai 22 atau tertinggal 4 angka dari Chelsea dan ungul 2 angka dari juara bertahan Manchester City. Dengan postur yang jangkung, Forster adalah palang pintu yang ‘menakutkan’ bagi penyerang mana pun di liga Inggris.

 

loading...